Perkuat Alutsista 3 Matra, Menhan Serahkan Rantis Canggih J-Force ke TNI

Jum'at, 15 Januari 2021 - 15:02 WIB
loading...
Perkuat Alutsista 3 Matra, Menhan Serahkan Rantis Canggih J-Force ke TNI
Menhan Prabowo Subianto menyerahkan kunci kendaraan taktis ILSV J-Force secara simbolis kepada KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memberikan kunci kendaraan Armour Indonesian Light Strike Vehicle (ILSV) J-Force secara simbolis kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa usai Rapim Kementerian Pertahanan 2021 pada Rabu, 13 Januari 2021.

Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antarlembaga Menteri Pertahanan (Menhan), Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, kendaraan tersebut diserahkan kepada tiga Kepala Staf Angkatan yakni KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Baca Juga: Pemberhentian Ketua KPU, Pemuda Muhammadiyah Sebut DKPP Gagal Paham
"Kendaraan tersebut untuk mendukung operasi TNI di berbagai wilayah di Indonesia," katanya dalam keterangan yang diterima SINDOnews, Jumat (15/1/2021). (Baca juga: Ini Capaian Menhan dalam Memperkuat Industri Pertahanan Nasional)

Menurut Danhil, penyerahan rantis tersebut merupakan upaya Kementerian Pertahanan dalam mendukung peningkatan produksi alutsista dalam negeri. "Pengembangan industri pertahanan merupakan bagian terpadu dari perencanaan strategis pengelolaan sumber daya nasional untuk kepentingan pertahanan dan keamanan negara" ungkapnya. (Baca juga: Prabowo Serahkan 40 Rantis Maung kepada TNI Usai Rapim Kemhan 2021)

Perkuat Alutsista 3 Matra, Menhan Serahkan Rantis Canggih J-Force ke TNI


Adapun spesifikasi dari ILSV J-Forces yakni mampu melaksanakan misi penyerangan, pengintaian, komunikasi, patroli jarak jauh, dan bantuan kemanusiaan. Selain itu juga Rantis ILSV J-Force, dilapisi dengan plat baja pelindung yang dapat menahan serangan amunisi. ILSV J-Force merupakan kendaraan taktis karya anak bangsa Indonesia yang difabrikasi di Bandung, kendaraan ini dibuat oleh PT. Jala Berikat Nusantara Perkasa dengan dukungan engineering dari PT. Dirgantara Indonesia (PT DI).
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)