Pilpres 2024, Ketum Parpol Jangan Cuma Jadi Juri

Rabu, 13 Januari 2021 - 15:01 WIB
loading...
Pilpres 2024, Ketum Parpol Jangan Cuma Jadi Juri
Pilpres 2024, Ketum Parpol Jangan Cuma Jadi Juri. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dosen Ilmu Politik UIN Jakarta Bakir Ihsan menilai, seharusnya memang ketua umum partai politik (parpol) yang paling pantas dicalonkan di Pilpres 2024 , karena mereka adalah kader terbaik, sehingga dipilih menjadi pemimpin partai.

"Pemimpin partai jangan hanya jadi asesor, penilai, atau juri, justru mereka yang harus siap tampilmemimpin bangsa," tutur Bakir saat dihubungi SINDOnews, Rabu (13/1/2021).

Baca Juga: Blusukan, Cara Risma Pinjam Tangan Anies untuk Dongkrak Popularitas

Senada dengan Bakir, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menyatakan, saat ini memang ada kecenderungan partai politik gagal dalam melakukan kaderisasi internal sehingga gagal memunculkan figur nasional yang menjual.



Ujang kemudian mencontohkan di internal Partai Demokrat, PKB, dan PAN yang dinilai tak ada kader yang berhasil dijual ke publik, selain ketumnya yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) , Muhaimin Iskandar (Cak Imin), dan Zulkifli Hasan (Zulhas). "Oleh karena itu, yang muncul masih ketiga nama tersebut," ujarnya dihubungi terpisah.

Baca juga: Pilpres 2024 Momen Lahirkan Banyak Calon, Tokoh Disarankan Mulai Dekati Parpol

Dia menambahkan, tak banyaknya kader parpol di luar ketum yang layak dijual ke publik sebagai capres dan cawapres itu karena kegagalan parpol dalam melahirkan tokoh-tokoh yang layak tanding di depan publik. "Dan gagalnya proses regenerasi dan kaderisasi. (Akhirnya) yang muncul itu-itu saja," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)