iNews Room Live di iNews dan RCTI+ Selasa Pukul 18.00: Vaksinasi Corona Dimulai Besok

Selasa, 12 Januari 2021 - 17:44 WIB
loading...
iNews Room Live di iNews dan RCTI+ Selasa Pukul 18.00: Vaksinasi Corona Dimulai Besok
Presiden Jokowi menjadi orang pertama yang akan divaksin Rabu pagi. Selanjutnya petinggi republik ini dan kemudian tenaga kesehatan. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Hari ini Indonesia menerima 15 juta bahan baku vaksin Covid-19 . Langkah ini beriringan dengan keputusam pemerintah: pelaksanaan vaksinasi nasional Corona dimulai besok.

Presiden Jokowi menjadi orang pertama yang akan divaksin Rabu pagi. Selanjutnya petinggi republik ini dan kemudian tenaga kesehatan. (Baca juga: Jokowi Divaksinasi Besok, Istana Pastikan Disiarkan Langsung)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (BGS) mengatakan, untuk tahap pertama sebanyak 1,48 juta tenaga kesehatan akan disuntikkan vaksin. Dia berharap pada akhir Februari sudah bisa selesai.

"Di seluruh dunia tahapan ini sama. Kenapa diberikan ke nakes? Karena kriterianya diberikan ke orang-orang yang berisiko tinggi untuk terpapar. Tenaga kerja kesehatan ini selalu terpapar pasien covid. Mereka ingin diberikan pertama kali," kata BGS dalam rapat kerja bersama dengan Komisi XI DPR RI, di Jakarta, Selasa (12/1/2020).

Di tengah perdebatan efikasi vaksin Sinovac asal Tiongkok pilihan pemerintah, kritisi soal efikasi vaksin yang hanya di angka 60 persenan, mencuat ke permukaan. (Baca juga: Menag: Vaksin Sinovac Tidak Mengandung Babi)

Tak heran, jika kemudian pemerintah menjadikan para elit selaku orang-orang pertama yang divaksin. Ini bukan karena jalur khusus berdasarkan status VVIP, melainkan lantaran pemerintah ingin memberi contoh ke publik bahwa vaksin merupakan pilihan aman. Ini sekaligus demi menepis, misalnya, tuduhan bahwa masyarakat jadi kelinci percobaan.

"Vaksinasi Corona Dimulai Besok" akan menjadi bahasan utama "iNews Room" hari ini Selasa, 12 Januari 2021 pukul 18.00 WIB, selain update pencarian korban Sriwijaya Air SJ-182, bersama host Latief Siregar secara langsung hanya di televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti pula program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
(poe)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1629 seconds (10.101#12.26)