Jokowi Diyakini Pilih Calon Kapolri yang Bisa Amankan Kepentingan Pemerintah

Selasa, 12 Januari 2021 - 07:35 WIB
loading...
Jokowi Diyakini Pilih Calon Kapolri yang Bisa Amankan Kepentingan Pemerintah
Co-Founder ISESS, Khairul Fahmi meyakini calon Kapolri yang dipilih akan berdasarkan prioritas kepentingan pemerintah saat ini. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Berbagai spekulasi siapa pengganti Jenderal Idham Azis sebagai calon Kapolri terus menyeruak ke tengah publik. Ada lima jenderal bintang tiga Polri yang disetorkan Kompolnas ke Presiden Jokowi dan sempat dipublikasikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD beberapa waktu lalu.

Belakangan informasi yang beredar, dari 5 nama calon Kapolri tersebut mulai mengerucut menjadi dua nama. Indonesia Police Watch (IPW) menyebutkan, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono selaku Wakapolri dan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang menjabat sebagai Kabareskrim.

Co-Founder Institute for Scurity and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi menyatakan, pihaknya memang belum mendengar siapa jenderal Polri pilihan Presiden Jokowi. Namun, ia meyakini calon Kapolri yang dipilih akan berdasarkan prioritas kepentingan pemerintah saat ini. ( )

"Sebelumnya saya sudah pernah sampaikan bahwa nama kandidat akan menunjukkan kepentingan dan prioritas pemerintah. Hari ini beredar informasi bahwa nama yang diusulkan adalah Listyo Sigit," katanya saat dihubungi SINDOnews, Selasa (12/1/2021).

Fahmi mengaku pihaknya enggan masuk ke wilayah siapa figur yang dipilih Jokowi dan disetorkan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Ia hanya memprediksi figur yang dipilih itu yang memiliki loyalitas tinggi saat diperlukan pemerintah.

"Saya kira secara umum jika benar seperti itu (Sigit yang ditunjuk), maka dapat dilihat bahwa prioritasnya adalah figur yang tidak diragukan akan berdiri di sisi pemerintah saat diperlukan, yang tegak lurus siap mengamankan kebijakan dan program pemerintah," katanya. ( )

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)