Komnas HAM Segera Laporkan Hasil Investigasi Tewasnya 6 Laskar FPI ke Jokowi

Jum'at, 08 Januari 2021 - 17:09 WIB
loading...
Komnas HAM Segera Laporkan Hasil Investigasi Tewasnya 6 Laskar FPI ke Jokowi
Komnas HAM telah menyelesaikan investigasi mereka terkait dengan tewasnya enam laskar FPI. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah menyelesaikan investigasi mereka terkait dengan tewasnya enam laskar Front Pembela Islam (FPI). Enam laskar tersebut tewas dalam baku tembak dengan kepolisian di Tol Jakarta-Cikampek KM 50.

(Baca juga : TikTok Hapus Semua Video dan Tagar Terkait Kerusuhan di Capitol )

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menuturkan, hasil investigasi tersebut akan disampaikan pihaknya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku pimpinan tertinggi negara. "Laporan akhirnya kami sampaikan kepada Bapak Presiden Indonesia selaku kepala negara. Karena tentu saja nanti ada saja hal-hal yang harus ditindaklanjuti oleh para aparat penegak hukum dalam kasus yang kita tangani," ungkapnya dalam konferensi pers di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/1/2021). (Baca juga: Sepakat dengan KontraS, Fadli Zon: Peristiwa 6 Anggota FPI Tewas Langgar HAM)

Taufan memastikan bahwasanya penyelidikan yang dilakukan oleh pihaknya telah berdasarkan temuan fakta yang objektif. Hasil yang dipaparkan pun dipastikan tanpa ada tekanan dari pihak manapun. "Sebagai lembaga negara kami bekerja seobjektif mungkin, sejernih mungkin menemukan fakta-fakta, mengumpulkan berbagai informasi dan akhirnya menyimpulkan tanpa ada tekanan dari pihak manapun," ucapnya. (Baca juga: Komnas HAM Sebut Hasil Investigasi Tewasnya 6 Laskar FPI Sudah Disusun Sejak Pekan Lalu)

Pihaknya pun tak mempermasalahkan riuh yang banyak beredar di media sosial (medsos) soal investigasi ini. Bahkan, koemntar-komentar negatif terkait Komnas HAM, kata dia, sudah sering didadapatkan. "Bahwa selama ini ada kehebohan-kehebohan di medsos itu biasa saja. sudah terbiasa juga menghadapi berbagai komentar yang seperti itu. Kami pastikan bahwa kami mengumpulkan, menyimpulkan, memberikan rekomendasi atas dasar data temuan-temuan yang objektif," katanya.

(Baca juga : Inilah Rahasianya Khabib Nurmagomedov Tidak Terkalahkan di UFC )

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)