Jokowi Pilih Calon Kapolri yang Manut, Bukan Polisi Reformis

Jum'at, 08 Januari 2021 - 08:25 WIB
loading...
Jokowi Pilih Calon Kapolri yang Manut, Bukan Polisi Reformis
Presiden Jokowi diyakini telah memilih sosok calon kapolri penurut, bukan sosok polisi yang reformis. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti meyakini Presiden Jokowi akan memilih calon kapolri yang benar-benar manut (tunduk dan patuh) terhadap perintah dan kebijakannya. Karena itu sulit berharap calon kapolri ideal bakal dipilih Jokowi.

"Mengapa? Sejak masa kepemimpinan pak Jokowi, polisi menjadi salah satu bagian dari kekuatan pak Jokowi dalam menata kekuasaan. Situasi yang sama, nampaknya, juga akan terjadi di era kedua ini. Bahkan boleh jadi makin kuat," tutur Ray merespons kriteria calon Kapolri yang tepat saat dihubungi SINDOnews, Jumat (8/1/2021).

(Baca: Jelang Pensiun, Kapolri Idham Azis Pamit ke Presiden)

Ray menilai, gaya kepemimpinan di periode kedua yang tampak elitis memang mengaburkan visi perubahan, reformasi dan kerakyatan dari karakter Jokowi sendiri. Dan umumnya, gaya kepemimpinan elitis lebih mempertahankan status quo dari pada perubahan.

"Maka dalam hal inilah mengapa pak Jokowi membutuhkan figur yang kiranya lebih bisa mengademkan internal kepolisian dari pada figur reformis yang sedikit banyak akan menimbulkan gejolak," ujarnya.

(Baca: Jokowi Sudah Pilih Satu Calon Kapolri, Para Jenderal Polisi Tak Usah Lobi-lobi)

Seturut dengan situasi ekonomi, dan pandemi yang nampaknya masih akan marak, kata Ray, maka agenda utama presiden Jokowi adalah menyelesaikan ekonomi. Menurut dia, atas dasar tujuan tersebut, maka perlu stabilitas yang kuat. Berdasarkan kondisi itu, Jokowi diyakini membutuhkan figur Kapolri yang mengerti prioritas dari Jokowi ini.

"Kapolri yang misalnya sibuk melakukan reformasi institusi kepolisian akan menambah persoalan pak Jokowi dalam hal menata ekonomi," tukas mantan aktivis 98 asal UIN Jakarta ini.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)