Perkuat Soliditas Pusat - Daerah, Kemendagri Gelar Rakornas Kelitbangan

Kamis, 14 Mei 2020 - 22:27 WIB
loading...
A A A
Dari hasil rakornas tersebut, kata da, ada beberapa kesimpulan di antaranya, perlunya optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi litbang melalui pembentukan forum kelitbangan Indonesia yang beranggotakan pejabat struktural OPD yang membidangi litbang dan pejabat fungsional peneliti. ”Melakukan pertemuan secara rutin dan berkala dalam bentuk rakor, rakernis, seminar, semiloka, meningkatkan koordinasi, sinergi dan kerja sama organisasi kelitbangan, baik kerja sama antar daerah, maupun kerja sama pusat daerah dan menjadikan organisasi kelitbangan menjadi pelopor inovasi,” ujarnya.

Selain itu, perlunya peningkatan kapasitas kelembagaan (capacity building) litbang melalui kegiatan pembinaan dan pengembangan kapasitas SDM litbang (struktural/peneliti/pejabat fungsional lain) di unit kerja masing-masing. Termasuk mendorong penerbitan dan publikasi ilmiah, berupa jurnal ilmiah terakreditasi, buku, dan media lainnya.

”Melaksanakan kegiatan bersama secara berkala berupa riset, kajian, seminar, penerbitan dan pengembangan kapasitas SDM kelitbangan, penyusunan standar indikator kinerja kelitbangan dan refocusing program dan kegiatan sesuai prioritas nasional, membangun e-research, sistem sitasi dan literasi bagi peneliti berbasis digital; melaksanakan rakornas peneliti di lingkup Kemendagri dan pemda setiap tahun,” kata dia.

Dia menambahkan, perlunya peningkatan kapasitas peneliti antara lain dengan pemberian bantuan pendidikan formal, diklat teknis/fungsional, workshop, bimtek, konferensi nasional dan internasional, riset litbang pusat dan daerah, pengikutsertaan dalam kegiatan seminar dan jurnal ilmiah terakreditasi pada level nasional dan/atau internasional.

”Perlu dilakukan pertemuan atau seminar antara lain membahas penyusunan program dan kegiatan prioritas kelitbangan sesuai dengan Permendagri Nomor 90 tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah. Termasuk penguatan dan peningkatan kapasitas peneliti, penguatan kelembagaan kelitbangan, kerja sama kelitbangan dengan pemerintah dan lembaga non pemerintah di dalam negeri maupun luar negeri,” ucapnya.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2202 seconds (0.1#10.140)