Pekan Ini Sejumlah Nama Calon Kapolri Diserahkan ke Presiden, Siapa Saja?

Rabu, 06 Januari 2021 - 10:33 WIB
loading...
Pekan Ini Sejumlah Nama Calon Kapolri Diserahkan ke Presiden, Siapa Saja?
Gedung Mabes Polri. dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis telah mengajukan surat permohonan pengganti dirinya sebagai Kapolri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (4/1/2021). Kabar tersebut dibenarkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno . Menurut dia, Kapolri Idham telah menyampaikan ke Istana perihal dirinya yang akan segera memasuki masa pensiun.

(Baca Juga: Jenderal Idham Azis Sudah Ajukan Surat Permohonan Pengganti Kapolri)
"Menyampaikan bahwa beliau akan segera pensiun dan mohon agar segera diajukan calon kapolri pengganti kepada DPR," kata Pratikno melalui pesannya yang diterima SINDOnews, Rabu (6/1/2021).

Seperti diketahui, Kapolri Idham Azis akan memasuki pensiun Februari 2021 mendatang. Mabes Polri telah menyiapkan sejumlah nama calon penganti Idham yang akan diserahkan ke Presiden. Nama-nama tersebut rencananya akan diserahkan pekan ini.

(Baca Juga: Istana Benarkan Kapolri Minta Segera Diganti)

Rencana tersebut dibenarkan kalangan internal Mabes Polri. Sayangnya sumber tersebut tak menyebutkan siapa saja nama-nama tersebut. Namun yang pasti jenderal bintang tiga.

"Tidak hanya satu nama yang akan diserahkan agar Bapak Presiden bisa memilih siapa yang terbaik diantara mereka," ujar sumber tersebut yang enggan disebutkan namanya kepada SINDOnews, Rabu (6/1/2021).

(Baca Juga: Komisi III Tunggu Surat Jokowi soal Calon Kapolri, Pengamat: Tak Harus Segera)

Menurut dia, sejumlah nama yang diserahkan adalah anggota terbaik di Korps Bhayangkara. Mereka memiliki kelebihan dan kekurangan. "Semuanya akan diserahkan ke Presiden siapa yang terbaik diantara mereka," ungkapnya.

Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan memprediksi nama-nama calon Kapolri akan diserahkan ke Presiden pekan ini. Bahkan mantan anggota Kompolnas itu menyebut jumlahnya bisa dua atau tiga orang. "Saya pikir semua jenderal bintang tiga mempunyai kesempatan sama. Tinggal siapa yang dipilih Presiden," kata Edi.

(Baca Juga: Sebut Istana Gagas Paket Pergantian, IPW: Gatot Eddy Jadi Kapolri, Sigit Wakapolri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)