Dalam Waktu Dekat Kompolnas Sampaikan Nama Calon Kapolri ke Presiden

Rabu, 06 Januari 2021 - 02:21 WIB
loading...
Dalam Waktu Dekat Kompolnas Sampaikan Nama Calon Kapolri ke Presiden
Menanggapi itu, Juru Bicara Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti mengaku belum menerima informasi tentang nama bakal calon Kapolri. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sebuah pesan berantai yang menyebut bahwa Kapolri Jenderal Pol Idham Azis telah mengirimkan surat kepada pihak Istana Negara yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi) ihwal pengganti dirinya sebagai pimpinan tertinggi polisi Indonesia ramai tersebar. Surat itu disebut telah diserahkan kepada Mensesneg Pratikno.

(Baca juga: DPR Belum Terima Surpres Calon Kapolri, Pengganti Idham Masih Teka-teki)

Menanggapi itu, Juru Bicara Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti mengaku belum menerima informasi tersebut. "Saya belum tahu dan belum cek," tutur Poengky saat dihubungi iNews.id, Selasa (5/1/2021) malam.

(Baca juga: Kasus Sigi dan Matinya 6 Anggota FPI, Utang Besar Kapolri Pengganti Idham Azis)

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut, apakah pihaknya telah mengirimkan nama-nama calon Kapolri kepada Presiden Jokowi, dia memastikan belum. Akan tetapi, dia enggan membeberkan kapan waktu jelasnya mengirimkan nama calon Kapolri.

(Baca juga: Kapolri Idham Azis Cabut Maklumat Larangan Berkerumun Saat Natal dan Tahun Baru)

"Belum (menyampaikan ke Presiden). Kami akan segera menyampaikan pertimbangan nama-nama calon Kapolri kepada Presiden segera dalam waktu dekat," katanya.

Kepala Staf Presiden Moeldoko sebelumnya mengakui nama calon Kapolri sudah ada. Presiden tinggal menyerahkan kepada Komisi III DPR.

"Ya itu sebenarnya karena ini sesuatu yang rutin ya, prosedurnya sudah ada tinggal nunggu waktu, siapanya pasti sudah ada," ucap Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/1/2021).

Sejumlah jenderal bintang tiga (komjen) disebut-sebut bakal menjadi penerus Idham Azis yang memasuki masa pensiun pada akhir Januari ini. Nama itu lantas mengerucut pada tiga orang.

Mereka yakni Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kabaharkam Komjen Pol Agus Andrianto dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)