Peta Berubah, Sandi Akan Jadi Lawan Anies di Pilpres 2024?

Minggu, 03 Januari 2021 - 14:30 WIB
loading...
A A A
Keputusan Jokowi merangkul Sandi sebagai menteri dinilai langkah sangat taktis dan strategis dalam menghadapi pilpres mendatang. PDIP sebagai partai berkuasa kini punya lebih banyak opsi calon.

“Masuknya Sandi yang diuntungkan adalah kubu yang berkuasa. Sekarang mereka banyak opsi untuk pilpres, jika bukan Prabowo-Puan, bisa juga Puan-Sandi,” kata pengamat. politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio, kepada SINDONews, Minggu (3/1/2021).

Dia melihat bahwa dirangkulnya Sandi merupakan bagian dari upaya kubu penguasa (PDIP) untuk melanggengkan kekuasaan hingga 10 tahun ke depan. “Terlihat kalau kubu berkuasa sedang menyiapkan panggung untuk 2024 agar terulang lagi sejarah 10 tahun berkuasa,” katanya.

Namun, Hendri menyebut masih panjang waktu sebelum pilpres digelar. Mengenai siapa-siapa nanti berpeluang maju nyapres dan menang, itu akan sangat bergantung pada momentum. Meski nama-nama tokoh seperti Sandi punya modal sosial dengan masuk ke pemerintahan, jika tidak didukung momentum maka itu akan sia-sia.

Momentum ini menurut Hendri, tidak hanya milik tokoh dari lingkaran kekuasaan, misalnya, Sandi, Erick Thohir (Menteri BUMN), Tri Rismaharini (Menteri Sosial), atau Airlangga Hartarto (Menko Perekonomian), melainkan juga oleh tokoh dari kubu opisisi, termasuk Anies. Semua berpeluang mendapat momentum.

“Bicara siapa yang akan menang pilpres, sebetulnya kuncinya adalah siapa nanti yang bisa menemukan momentum di awal dan bagaimana dia memanfaatkan momentum tersebut untuk Pilpres 2024,” tandas Hendri.

(dam)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)