Sandiaga Uno Masuk Kabinet, Menteri yang Bakal Bertarung di Pilpres 2024 Bertambah

Minggu, 27 Desember 2020 - 09:51 WIB
loading...
Sandiaga Uno Masuk Kabinet, Menteri yang Bakal Bertarung di Pilpres 2024 Bertambah
Sandiaga Salahuddin Uno. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masuknya nama Sandiaga Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Kabinet Indonesia Maju dinilai membuka peluangnya dalam kontestasi Pilpres 2024 . Sementara, sejumlah nama yang sejak awal berada di kabinet pun tetap memiliki kans di 2024.

(Baca juga : Long Weekend, Presiden Jokowi Lakukan Sejumlah Kegiatan Ini )

Pakar komunikasi politik dari Universitas Paramadina Jakarta Hendri Satrio berpandangan, memang masih jauh jika reshuffle kabinet dikaitkan dengan peta politik Pilpres 2024 . Namun, dia mengatakan reshuffle jadi panggung politik bagi sejumlah nama.

(Baca juga : Mike Tyson Curhat Mendadak Sensitif seperti Gadis Menstruasi Pertama )

Kata Hendri Satrio, reshuffle kabinet perdana di periode kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini minimal menjadi panggung politik bagi sebagian orang yang dianggap sebagai capres potensial. "Tapi minimal panggung politik sudah tersedia bagi sebagian kontestan," ujarnya, Minggu (27/12/2020).

(Baca juga : DPR Prediksi Nama Calon Kapolri Diserahkan Presiden Pertengahan Januari 2021 )

Menurut Direktur Ekskutif KedaiKOPI ini, lewat reshuffle ini, bakal capres pun menjadi lebih bervariasi. Hanya saja, itu semua bergantung pada ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) yang akan dibahas dalam revisi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. "Semoga ambang batas presiden jadi nol persen," katanya.

( ).

Sementara, Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Research and Analysis (SUDRA) Fadhli Harahab mengatakan, masuknya Sandiaga Uno ke Kabinet Indonesia Maju menambah daftar menteri yang berpeluang ikut bertarung di Pilpres 2024 .

Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu memiliki peluang yang sama dengan sejumlah menteri yang sudah lebih dulu masuk Kabinet Indonesia Maju, seperti Mahfud MD , Erick Thohir, Airlangga Hartarto , Tito Karnavian, dan Prabowo Subianto .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2933 seconds (0.1#10.140)