Gabung Kabinet Jokowi, Ini Plus Minus Sandiaga Uno untuk Pilpres 2024

Sabtu, 26 Desember 2020 - 09:12 WIB
loading...
Gabung Kabinet Jokowi, Ini Plus Minus Sandiaga Uno untuk Pilpres 2024
Presiden Jokowi memberikan salam kepada Sandiaga Uno yang dilantik menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Foto/Setpres
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno telah mengikuti jejak Prabowo Subianto masuk kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

Sandiaga menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio pada momen reshuffle kabinet baru-baru ini.

Masuknya Sandiaga Uno ke dalam kabinet Indonesia Maju dinilai memiliki plus dan minus. "Masuknya Sandiaga Salahuddin Uno ke dalam kabinet adalah opsi terbaik dari Presiden Jokowi mendongkrak kinerja pemerintahannya saat ini," ujar Pengamat Politik dari Universitas Jayabaya Igor Dirgantara kepada SINDOnews, Kamis 24 Desember 2020.
Gabung Kabinet Jokowi, Ini Plus Minus Sandiaga Uno untuk Pilpres 2024

Igor mengatakan, Sandiaga memiliki integritas dan kompetensi yang tidak perlu diragukan lagi latar belakangnya sebagai pengusaha dan tokoh UMKM di Indonesia. "Sandiaga adalah 'the right man on the right place' di posisi kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Director Survey dan Polling Indonesia (SPIN) ini.( )

Igor mengatakan, pariwisata adalah salah satu sektor yang paling terkena imbas dari Pandemi Covid-19. Sandiaga diyakini mampu memberi kontribusi positif untuk mendorong industri pariwisata dan ekonomi kreatif kembali bangkit.

"Duet Sandiaga dengan Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo diprediksi bisa menciptakan inovasi dan perubahan signifikan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," tuturnya.

Terkait konstelasi Pilpres 2024, Igor menilai sisi positif Sandiaga masuk kabinet sebagai Menparekraf adalah "panggung politik gratis" yang sama dengan kepala daerah atau menteri yang dinominasikan sebagai kandidat kuat maju di perhelatan Pilpres 2024. Kata Igor, dengan kinerja dan prestasi, otomatis popularitas Sandiaga akan lebih melesat.

"Dijamin elektabilitas Sandi yang lebih digandrungi milenial bisa melampaui Ganjar Pranowo yang belakangan sering diendorse oleh survei. Namun geliat Sandiaga Uno di 2024 tetap tergantung dari mentor politiknya, yaitu Prabowo Subianto. Sama halnya dengan Ganjar Pranowo yang nantinya juga tergantung Megawati," tuturnya. ( )

Igor pun membeberkan sisi minus Sandiaga masuk kabinet. "Sisi minusnya adalah masih adanya kekecewaan pendukung fanatiknya dulu saat Pilpres 2019. Tapi itu hanya soal waktu, karena politik itu dinamis dan tergantung perubahan isu dan momentum," katanya.

Lebih lanjut Igor mengatakan, isu kesehatan dan ekonomi lebih penting ketimbang isu identitas atau agama. "Dengan integritas dan prestasi yang mumpuni, Sandi bisa buktikan bahwa keputusannya masuk kabinet tidak salah," imbuhnya.

Dia menuturkan, relawan Sandi perlu sedikit tertib. Misalnya, diawal terlalu agresif mengatakan Sandiaga bakal menolak tawaran masuk kabinet, karena sudah sering menolak. Padahal faktanya tidak begitu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2070 seconds (0.1#10.140)