Sandi-Risma Masuk Kabinet, Kemenangan Total Jokowi dalam Perang Pengaruh Politik

Jum'at, 25 Desember 2020 - 07:35 WIB
loading...
Sandi-Risma Masuk Kabinet, Kemenangan Total Jokowi dalam Perang Pengaruh Politik
Masuknya Sandiaga S Uno dan Tri Rismaharini dalam kabinet Indonesia Maju bisa dibilang kemenangan total Presiden Jokowi dalam perang pengaruh politik. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opionion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai, masuknya Sandiaga S Uno (Sandi) dalam kabinet Indonesia Maju bisa dibilang kemenangan total Presiden Jokowi dalam perang pengaruh politik.

"Rivalitas berhasil ia hilangkan meskipun sebenarnya diperlukan dalam demokrasi, nihilnya penggerak oposisi saat Pilpres menandai kuatnya pemerintahan hari ini," katanya saat dihubungi SINDOnews, Jumat (25/12/2020).

Dedi mengatakan, bagi Sandi bisa saja keberadaannya di kabinet menjadi perangkap popularitas. Ia tidak lagi memiliki daya tawar tinggi untuk pemilih di 2024. Terlebih di kabinet pria berjuluk 'Papa Online' itu harus bersaing dengan popularitas anggota kabinet lain yang juga punya potensi menuju kontestasi di Pilpres 2024. (Baca juga: Jokowi Lantik Enam Menteri Baru )

Sementara bagi Tri Rismaharini yang menjabat sebagai Menteri Sosial, masuknya ke kabinet ini disebut menarik karena kader PDI Perjuangan itu sudah lebih awal membangun citra sejak menjabat Wali Kota Surabaya.

Namun begitu, kata Dedi, jika membaca corak pilihan PDIP dalam membesarkan kader, semua bergantung arah pikiran Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum. Sedangkan, PDIP punya sosok potensialnya sendiri pada 2024, yakni Puan Maharani atau Ganjar Pranowo yang saat ini memuncaki perolehan survei elektabilitas.

"Dengan kondisi ini, peta politik 2024 dimungkinkan akan menjadi momentum tokoh-tokoh yang sama sekali belum pernah masuk dalam ring kontestasi Pilpres," katanya. (Baca juga: Kata Ekonom Senior Tentang 6 Menteri Baru Jokowi )



Sandi-Risma Masuk Kabinet, Kemenangan Total Jokowi dalam Perang Pengaruh Politik
(abd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2314 seconds (10.177#12.26)