Jokowi Lantik Enam Menteri Baru

Rabu, 23 Desember 2020 - 09:46 WIB
loading...
Jokowi Lantik Enam Menteri Baru
Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin saat mengumumkan enam menteri baru. Foto/Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi hari ini resmi melantik enam menteri baru di jajaran Kabinet Indonesia Maju. Enam menteri baru ini dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 133/P/2020 tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Keenam menteri yang dilantik adalah Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, dan Sakti Wahyu Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan pengangkatan saudara-saudara sebagai menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa jabatan periode 2019-2024, terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara-saudara, apakah saudara-saudara beragama Islam? Bersediakah saudara-sudara diambil sumpah menurut agama Islam? Apabila demikian harap mengikuti dan mengulangi kata-kata saya," ucap Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (23/12/2020).

(Baca juga: Reshuffle Dinilai Lebih Kuat Muatan Politis, Ini Alasannya ).

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala Peraturan Perundangan-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," tutur Presiden Jokowi yang diikuti para jajaran Kabinet Indonesia Maju

(Baca juga: Deg-degan Nunggu Pelantikan Menteri Baru, IHSG Dibuka Mulus di Jalur Hijau ).

Presiden Jokowi pada Selasa 22 Desember 2020 resmi mengumumkan enam menteri baru yang akan membantu pemerintahannya. Keenam menteri baru itu adalah Sandiaga Uno sebagai Menparekraf, Tri Rismaharini sebagai Mensos, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menag, Sakti Wakyu Trenggono sebagai Menteri KP, Budi G Sadikin sebagai Menkes, dan M Lutfi sebagai Mendag.
(zik)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1852 seconds (11.97#12.26)