Tokoh Khonghucu Beri Apresiasi Gus Yaqut Jabat Menteri Agama

Rabu, 23 Desember 2020 - 12:07 WIB
loading...
Tokoh Khonghucu Beri Apresiasi Gus Yaqut Jabat Menteri Agama
Sejumlah Tokoh Khonghucu Indonesia memberikan apresasi atas dipilih dan dilantiknya Gus Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama Republik Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah Tokoh Khonghucu Indonesia memberikan apresasi atas dipilih dan dilantiknya Gus Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama Republik Indonesia.

Keluarga besar Generasi Muda Khonghucu Indonesia (GEMAKU) mengucapkan selamat bertugas kepada Gus Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama Republik Indonesia.

(Baca juga: Kursi Mendikbud Diisi Muhammadiyah, Menag Diisi NU, Pengamat: Sudah Tepat)

"Right man on the right place, kata yang pantas atas dipilihnya Gus Yaqut sebagai Menteri Agama. Tempatkanlah orang-orang sesuai dengan kecakapannya, maafkanlah kesalahan-kesalahan kecil, dan angkatlah orang-orang bijaksana. Begitulah kalimat yang terucap oleh Nabi Kongzi saat ditanya perihal bagaimana mengisi pemerintahan,” kata Ketua Umum GEMAKU, Kristan, Rabu (23/12/2020).

(Baca juga: Profile Yaqut Cholil Qoumas, Menag Baru Pengganti Fachrul Razi)

Kristan mengatakan, Gus Yaqut adalah sosok yang dikenal plural, tegas, berani, dan diterima semua kalangan lintas agama ini ialah sosok yang tepat untuk diberikan tugas menjaga keharmonisan moderasi beragama di Indonesia yang sudah menjadi tagline Kementerian Agama.
Tokoh Khonghucu Beri Apresiasi Gus Yaqut Jabat Menteri Agama

Ditambahkan Kristan, bagi Generasi Muda Khonghucu Indonesia, kehadiran Gus Yaqut menjadi pejabat Menteri Agama adalah sebuah oase kegembiraan dan harapan baru, dimana beliau diharapkan dapat membawa angin segar bagi ketidakadilan untuk umat Khonghucu.

"Mulai dari belum adanya dirjen Khonghucu di Kemenag, ditambah kisruh kelenteng yang ada di Indonesia, terakhir kasus kelenteng Tuban yang diklaim sepihak oleh Dirjen Buddha sebagai tempat ibadah agama Buddha telah menjadi saksi bisu akan adanya sesuatu hal yang keliru dan arogan yang wajib segera dibenahi," ujarnya.

Prinsip 'membenarkan nama-nama'; berdamai dengan masa lalu, meluruskan dan merekonstruksi fakta sejarah yang ada agar generasi berikutbya tidak larut dalam kekeliruan pemahaman yang semakin melebar yang memutarbalikan fakta dan sejarah menjadi harapan kami agar dapat terselesaikan dengan baik dan bijaksana.

"Memang suara kami bagai setetes gerimis di atas atap Istana yang kadang tak terdengar dan terasakan oleh mereka yang berada di dalamnya. Namun semoga dengan prinsip Gus Yaqut yang selalu membela yang lemah seperti Gusdur. Gemaku berharap Gus Yaqut mendengar, merasakan empatinya," jelasnya.

"Semoga Gus Yaqut dapat amanah menjalankan tugas, bekerja esktra menjaga kepercayaan rakyat dengan kerja nyata mengawal keberagaman negeri, mengayomi seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali. Tetaplah Gus Yaqut selalu bersahaja, egaliter, tidak sombong dan mengayomi bagi kami semua. Jadilah Bintang Utara yang selalu terang benderang menjadi pemimpin bintang-bintang lain yang mengelilinginya," tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)