Presiden Jokowi Resmi Lantik 5 Wakil Menteri

Rabu, 23 Desember 2020 - 09:56 WIB
loading...
Presiden Jokowi Resmi Lantik 5 Wakil Menteri
Presiden Joko Widodo. Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik lima wakil menteri. Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020), dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pelantikan lima wamen bersamaan dengan pengukuhan jabatan enam menteri hasil perombakan kabinet. Pelantikan lima wamen tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 76/M Tahun 2020.

Jokowi memimpin pengambilan sumpah jabatan kepada lima wamen yang dilantik itu. "Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD NRI 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Jokowi diikuti para wamen.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab."

Adapun lima pejabat yang dilantik Jokowi adalah Pahala Mansury sebagai Wakil Menteri BUMN menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang diangkat menjadi Menteri Kesehatan.

Lalu Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) diisi Letjen TNI Muhammad Herindra untuk menggantikan Sakti Wahyu Trenggono yang diangkat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Herindra sebelumnya menjabat sebagai Kasum TNI.

Kemudian Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) diisi Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej. Ia merupakan Guru Besar Ilmu Hukum Pidana di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Lalu posisi Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) diisi oleh Dante Saksono Harbuwono. Ia merupakan dokter spesialis penyakit dalam.

Terakhir, posisi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) diisi oleh Harvick Hasnul Qolby. Ia merupakan Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)