Tangis Haru Ibunda Gus Yaqut sebelum Putranya Dilantik Jadi Menag

Rabu, 23 Desember 2020 - 09:37 WIB
loading...
Tangis Haru Ibunda Gus Yaqut sebelum Putranya Dilantik Jadi Menag
Mengenakan setelan jas dengan dalaman warna putih serta dasi dan peci, Gus Yaqut duduk bersimpuh di hadapan sang ibu yang duduk di kursi sofa. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik enam menteri barunya dan juga sejumlah wakil menteri, Rabu (24/12/2020) pagi ini di Istana. Salah satunya, Menteri Agama yang baru, Yaqut Cholil Qoumas atau biasa disapa Gus Yaqut.

Sebelum menghadiri acara pelantikan, Gus Yaqut sungkem ke ibunya, Muhsinah Cholil. Mengenakan setelan jas dengan dalaman warna putih serta dasi dan peci, Gus Yaqut duduk bersimpuh di hadapan sang ibu yang duduk di kursi sofa. Putra dari Cholil Bisri ini kemudian memeluk sang ibu dengan penuh kehangatan. Sang ibu pun berkali-kali menciup putera kesayangannya.

Sambil memeluk, sang ibu terdegar mendoakan Gus Yaqut disertai tangisan haru. "Dongake (mohon didoakan) terus ya," harap Gus Yaqut.

"Kaet ndisik rung dadi menteri yo tak dongakno terus (dari dulu sebelum jadi menteri didodakan terus). Sesok dadi menteri yo tak dongakno (besok jadi menteri juga didoakan)," ucap sang ibu sambil membenarkan posisi jilbabnya. "Enggak usah nangis ta," kata Gus Yaqut mencandai sang ibu.( )

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan perombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju. Total ada enam nama menteri baru. Salah satunya adalah Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab disapa Gus Yaqut.

Pria kelahiran Rembang, 4 Januari 1975 ini merupakan Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor, salah satu badan otonom Nahdlatul Ulama (NU). Selain itu, Gus Yaqut juga tercatat sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).( )

Selain nama.Gus Yaqut, lima menteri baru lainnya adalah Tri Rismaharini yang didapuk menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Juliari Batubara.

Kemudian Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menggantikan Wishnutama. Lalu Budi Gunadi Sadikin didapuk menjadi Menteri Kesehatan (Menkes) menggantikan dr Terawan.

Nama lainnya adalah Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menggantikan Edhy Prabowo, dan Muhammad Lutfi menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Agus Suparmanto.

(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2752 seconds (0.1#10.140)