Bertarung di Pilpres, Sandiaga Uno Kini Jadi Anak Buah Jokowi

Selasa, 22 Desember 2020 - 16:20 WIB
loading...
Bertarung di Pilpres, Sandiaga Uno Kini Jadi Anak Buah Jokowi
Mantan cawapres Sandiaga Uno ditunjuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah menunjuk Sandiaga Salahuddin Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Sandiaga Uno selama ini dikenal sebagai mantan lawan politik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 lalu, Sandiaga berpasangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Prabowo menjadi calon presiden, Sandiaga menjadi calon wakil presidennya.

Sebelumya, Sandiaga pernah memenangkan kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta tahun 2017 bersama Anies Baswedan. Namun, Sandiaga mengundurkan diri dari jabatan wakil gubernur DKI Jakarta pada 27 Agustus 2018 untuk mengikuti Pilpres 2019.( )

Di Partai Gerindra, Sandiaga menjabat sebagai wakil ketua dewan pembina. Selain sebagai Founder OK OCE, Sandiaga juga menjabat Ketua Dewan Pembina Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs).

Pria kelahiran Pekanbaru, Riau 28 Juni 1969 itu merupakan anak bungsu dari dua bersaudara dari pasangan Razif Halik Uno dan Rachmini Rachman. Ayahanda Sandiaga bekerja di perusahaan Caltex di Riau dan ibunya terkenal sebagai pakar pendidikan kepribadian.( )

Keluarga Sandiaga pindah ke Jakarta sekitar tahun 1970-an. Suami Noor Asiah Abdul Aziz itu bersekolah di SD PSKD Bulungan, SMPN 12, dan SMA Pangudi Luhur. Dia memiliki tiga anak, yakni Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno dan Sulaiman Saladdin Uno.

Sandiaga Uno juga pernah menjadi jajaran direksi beberapa perusahaan seperti PT Adaro Indonesia, PT Indonesia Bulk Terminal, PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia, Interra Resources Limited dan PT iFORTE Solusi Infotek.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1392 seconds (0.1#10.140)