Amien Rais Getol Bela Habib Rizieq, Begini Penjelasan Loyalisnya

Senin, 21 Desember 2020 - 08:09 WIB
loading...
Amien Rais Getol Bela Habib Rizieq, Begini Penjelasan Loyalisnya
Loyalis Amien Rais menilai pembelaan pendiri Partai Ummat terhadap Habib Rizieq murni urusan kemanusiaan karena Pemilu 2024 masih terlalu jauh. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Sikap Amien Rais yang "gigih" membela Habib Rizieq Shihab dianggap bermotif politis. Tetapi Salah satu inisiator Partai Ummat, Chandra Tirta Wijaya membantahnya. Dia menjelaskan sikap Amien Rais tidak ada hubungannya dengan pemilu.

”Pak Amien dengan Habib Rizieq, dengan ulama-ulama yang lain. Pak Amien itu orang yang sangat menghormati para ulama, para ustaz, para habaib," ujar Chandra kepada SINDOnews, Senin (21/12/2020).

(Baca: Amien Rais Getol Bela Habib Rizieq, Pengamat: Anggap Saja Mencoba Peruntungan di 2024)

Menurut Chandra, hubungan Amien Rais dengan Habib Rizieq sudah terjalin cukup lama dan sama-sama memilih posisi untuk mengkritisi pemerintahan. "Jadi, tidak ada hubungannya dengan pemilu, kan masih jauh. Segala macam masih jauh," kata loyalis Amien Rais ini.

Dia menuturkan, penahanan terhadap Habib Rizieq terkait kerumuman massa adalah bentuk ketidakadilan. Sehingga, diakuinya masalah itu harus disuarakan, termasuk oleh Amien Rais.

"Jadi, jangan diremehkan hanya sekadar Pemilu. Ini sangat besar dampaknya. Penangkapan menurut kajian hukum kan tidak begitu, tidak sekadar Covid-19, juga perdebatan UU yang dipakai, kok sampai ada penahanan," katanya.

(Baca: Getol Bela Habib Rizieq, Amien Rais Sedang Menyalip PKS)

Dia berpendapat, selama ini belum ada warga yang ditahan karena kasus kerumunan massa di saat Pandemi Covid-19. Lagipula, kata dia, Habib Rizieq sudah membayar denda kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Jadi jangan terlalu menyepelekan, memudahkan sesuatu lah gitu kan. Ini kan sekarang yang kena Habib Rizieq, suatu saat mereka sendiri yang kena kalau tidak ada yang menyuarakan, ini kan sesuatu yang fundamental, keadilan harus ditegakkan, jangan dzalim," katanya.

(Klik ini untuk ikuti survei SINDOnews tentang Calon Presiden 2024)

Sehingga, kata dia, pembelaan Amien Rais kepada Habib Rizieq sebatas menyuarakan nurani. "Jadi bukan suatu hal yang terlalu rendah sekali, menghubungkan Pemilu, Pemilu masih jauh. Malah Pak Amien juga mendorong untuk selesai permasalahan ini, agar bisa bangsa kita ini bersatu melawan Covid-19, jadi jangan ada lagi segala bentuk yang sifatnya ketidakadilan yang menyebabkan malah tadinya mencegah kerumunan malah kerumunannya makin banyak," pungkasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)