Getol Bela Habib Rizieq, Amien Rais Sedang Menyalip PKS

Minggu, 20 Desember 2020 - 10:12 WIB
loading...
Getol Bela Habib Rizieq, Amien Rais Sedang Menyalip PKS
Politikus senior Amien Rais dinilai sedang berusaha menyalip PKS untuk mendekati kelompok Habib Rizieq dengan jalan getol menyuarakan pembelaan. Foto/youtube
A A A
JAKARTA - Sikap inisiator Partai Ummat Amien Rais yang getol membela Habib Rizieq Shihab dinilai tak lepas dari motif untuk membesarkan Partai Ummat, partai baru besutannya selepas "diusir" dari kepengurusan baru PAN. Amien berusaha menyalip Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang lebih dulu dilirik sebagian besar anggota Front Pembela Islam (FPI), maupun penggemar dan simpatisan Habib Rizieq.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan bahwa dari dulu Amien Rais dengan Habib Rizieq sudah dekat. "Amien Rais dan Habib Rizieq Shihab masih berada dalam barisan yang sama," ujar Ujang Komarudin kepada SINDOnews, Minggu (20/12/2020).

(Baca: Amien Rais Datangi Mabes Polri, Minta Kapolri Lepaskan Habib Rizieq)

Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) ini menambahkan, Amien Rais dan Habib Rizieq merupakan barisan oposisi rakyat terhadap pemerintah. "Karena kedekatan personal itu pula, AR getol membela HRS. Dan itu wajar-wajar saja," ujarnya.

(Baca Juga : Sepekan di Balik Jeruji Besi, Habib Rizieq Tetap Berdakwah )

Namun, kata dia, Amien Rais maupun PKS sama-sama berhak untuk mendekati HRS. Hal tersebut dikatakan saat ditanya apakah Amien Rais bisa menyalip PKS di tikungan dengan mendekati Habib Rizieq. "Kalau AR getol membela HRS dan berhasil. Itu bisa saja AR berhasil menyalip PKS di tikungan," pungkasnya.

(Baca: Amien Rais Getol Membela Habib Rizieq, Humanis atau Politis?)

Seperti diketahui, Amien Rais merupakan salah satu tokoh yang berkunjung begitu Habib Rizieq pulang dari Arab Saudi. Disebutkan, pada momentum itu keduanya juga berbicara soal politik kebangsaan. Bahkan, Habib Rizieq sempat berkelakar menanyakan positioning Amien terhadap pemerintah. ”Pak Amien masih oposisi kan?” tanya Habib Rizieq.

Ketika Habib Rizieq akhirnya ditahan polisi, Amien salah satu yang bersuara paling keras. Lewat serangkaian pernyataan dalam sejumlah video di saluran youtube, Amien mengkritik penahanan Habib Rizieq dan mengingatkan pemerintah soal apa yang mungkin terjadi sebagai akibatnya.

(Klik ini untuk ikuti survei SINDOnews tentang Calon Presiden 2024)

Bahkan, Kamis (17/12/2020) Amien Rais bersama sejumlah tokoh dan aktivis mendatangi Mabes Polri meminta Kapolri membebaskan Habib Rizieq. Amien juga meminta Presiden Jokowi mundur lantaran berbagai masalah yang terjadi, termasuk dugaan pelanggaran HAM dalam kasus tewasnya enam anggota FPI.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)