BIN Tegaskan Info 3 Anggotanya Ditangkap FPI Hoaks

Minggu, 20 Desember 2020 - 20:29 WIB
loading...
BIN Tegaskan Info 3 Anggotanya Ditangkap FPI Hoaks
Badan Intelijen Negara (BIN) menegaskan, video tertangkapnya tiga anggota BIN oleh Front Pembela Islam (FPI) adalah hoaks. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) menegaskan, video tertangkapnya tiga anggota BIN oleh Front Pembela Islam (FPI) adalah hoaks.

”Belakangan ini beredar berita tiga anggota BIN tertangkap FPI. Itu semua adalah hoaks. Tidak ada nama anggota BIN sebagaimana dilansir tertangkap oleh FPI, mereka semua yang disebutkan oleh FPI jelas-jelas bukan anggota BIN, alias anggota BIN gadungan. Juga tidak ada operasi yang bernama operasi Delima di BIN. Menurut dia, untuk apa membuntuti pimpinan FPI, ketemu langsung saja bisa,” ujar Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto, Minggu (20/12/2020). (Baca juga: Mantan Wakil Kepala BIN Curiga Ada Misi Lain di Balik Penguntitan Habib Rizieq)

Selain itu, kartu anggota yang digunakan ketiga orang yang mengaku anggota BIN tersebut juga palsu, bukan seperti yang dimiliki BIN asli. Banyak orang mengaku anggota BIN di berbagai wilayah di Indonesia. Banyak juga yang dijatuhi hukuman di pengadilan. ”Apalagi membawa kartu identitas, hal ini tidak mungkin dilakukan dalam operasi intelijen. Apalagi disebut ada Deputi 22, tidak ada Deputi 22 itu di BIN,” katanya. (Baca juga: Sepekan di Balik Jeruji Besi, Habib Rizieq Tetap Berdakwah)

Di BIN juga tidak ada Surat Perintah (Sprint) tertulis operasi apapun. Sehingga kalau ada surat perintah berisi nama dan sandi operasi secara tertulis, apapun itu namanya, semua tidak benar. Sebab di BIN tidak lazim ada tugas operasi di-sprint-kan. ”Jika ada orang yang mengaku-aku dari BIN silakan dilaporkan kepada yang berwajib. Biar jelas dan tuntas secara hukum dan tidak digoreng di panggung opini public,” ucapnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)