Partisipasi Perempuan untuk Pertumbuhan Ekonomi

Sabtu, 19 Desember 2020 - 06:00 WIB
loading...
A A A
Penitipan anak yang berkualitas bisa dibangun dekat permukiman masyarakat. Dia menegaskan, mungkin saja nanti ada kebijakan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (Kemen-PUPR) mengenai aturan di setiap permukiman masyarakat. Misalnya di kompleks perumahan harus ada salah satu fasilitas umum, yakni penitipan anak.

Anggota Dewan Pembina IBCWE (Indonesia Business Coalition For Women Empowerment) Shinta Kamdani mengungkapkan pentingnya kesetaraan gender di dunia kerja yang merupakan salah satu langkah untuk memperkecil celah ketidaksetaraan gender. "Hal itu dapat diwujudkan salah satunya dengan menjadikan beberapa indikator kesetaraan gender di dunia kerja sebagai bagian dalam standar sustainability report atau laporan keberlanjutan," ujar Shinta.

Dalam kurun 12 tahun, Indonesia berhasil mempersempit kesenjangan gender sebesar 8%, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan. "Namun kesenjangan masih besar dalam partisipasi dan kesempatan ekonomi serta pemberdayaan politik, juga masih menjadi faktor utama yang menghambat kemajuan Indonesia dalam mencapai kesetaraan gender," lanjutnya.

Kesetaraan gender juga masuk dalam target pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 yang tercantum dalam poin nomor 5. Untuk itu SDGs mendorong dan menekankan peningkatan pemasukan poin kesetaraan gender untuk dapat memacu fokus perkembangannya oleh semua lini yang berkaitan. ( )

Hal ini tentunya diharapkan dapat terus terpantau pada sustainability report . Karena penting bagi perusahaan untuk melakukan pengukuran pencatatan dan pelaporan atas perkembangan yang terjadi sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan performa bisnis mereka di mata stakeholder , konsumen, karyawan, dan di mata global. Adapun dalam lingkup nasional, suistability report dan work equality report diyakini dapat membantu peningkatan kebijakan dan peraturan negara yang berlaku agar lebih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan yang ada sehingga kita lebih mampu bersaing.

Terdapat 7 indikator utama dalam laporan keberlanjutan mengenai gender, yakni komposisi gender, persamaan upah dan benefit, keamanan dan keselamatan para pekerja dalam lingkungan yang kondusif dan aman.

Lalu persamaan fleksibilitas waktu kerja yang berkaitan dengan pemanfaatan atas aturan norma sosial, tidak adanya diskriminasi pada saat perekrutan, adanya program peningkatan untuk semua gender agar ada kemajuan serta bagaimana kepedulian akan kesetaraan gender dari pemimpin.

Perusahaan pertama yang mengikuti suistability report dan work equality report ialah PT L'Oréal Indonesia. Direktur Bagian Communications, Sustainability and Public Affairs PT L'Oréal Indonesia Melanie Masriel membagikan tips melakukan kesetaraan gender di perusahaannya.

"Dari komposisi kita memang sudah lebih didominasi perempuan sebanyak 53% perempuan, sedangkan 47% laki-laki, jadi sudah cukup dan sangat ideal. Dari sisi executive management atau board level , 58% perempuan," urainya. (ananda nararya)
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2437 seconds (0.1#10.140)