Ridwan Kamil-Mahfud MD Berseteru Dibandingkan dengan Kalemnya Anies Baswedan

Jum'at, 18 Desember 2020 - 08:30 WIB
loading...
Ridwan Kamil-Mahfud MD Berseteru Dibandingkan dengan Kalemnya Anies Baswedan
Anies Baswedan dinilai sudah terbiasa dengan cacian sehingga tidak terpancing menuding Mahfud MD sebagai orang yang mestinya turut dimintai pertanggungjawaban atas kerumunan massa Habib Rizieq. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penyataan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang meminta Menkopolhukam Mahfud MD turut bertanggung jawab atas berlarut-larutnya kasus kerumunan massa para pendukung Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menuai pro-kontra masyarakat. Meski Ridwan dan Mahfud sudah saling 'bertabayyun', tapi 'perseteruan' keduanya tetap menjadi perbincangan publik.

(Klik ini untuk ikuti survei SINDOnews tentang Calon Presiden 2024)

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, apa yang disampaikan Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu sekedar ingin meluruskan soal kerumunan massa Habib Rizieq yang disebut bukan hanya terjadi di hilir, tapi juga di hulu.

"Pernyataan Mahfud yang membolehkan penjemputan jadi titik awal kerumunan. Padahal Jakarta masih PSBB transisi yang sangat ketat menerapkan standar protokol kesehatan," ujar Adi saat dihubungi SINDOnews, Jumat (18/12/2020).

(Baca: Pernyataan Ridwan Kamil soal Mahfud MD Dinilai Patut Dipertimbangkan)

Adi menegaskan, memang di tingkat hulu juga perlu bertanggung jawab. Dalam hal ini merujuk kepada tugas dan fungsi Mahfud MD, terlebih mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu disebut-sebut sebagai pihak yang membolehkan para pendukung Habib Rizieq melakukan penjemputan, meskipun dengan embel-embel tetap mematuhi protokol kesehatan.

Lebih lanjut Adi mengatakan, justru yang jadi ramai itu kenapa hanya Ridwan Kamil yang meminta Mahfud harus bertanggung jawab, sementara Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tampak lebih kalem. Padahal, Anies juga salah satu kepala daerah yang ikut dipanggil pihak berwajib.

(Baca: So Sweet, Anies Baswedan Ucapkan Selamat Ulang Tahun pada Wagub DKI Riza Patria)

"Publik menilai, RK (Ridwan Kamil) tak tahan terus menerus dipersepsikan bersalah karena kerumunan di Bogor. Sementara Anies sudah terbiasa menikmati indahnya bully-an yang makin melambungkan namanya," kata analis politik asal UIN Jakarta.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5061 seconds (0.1#10.140)