Wapres Ma'ruf Amin sebut Perubahan Perilaku Dapat Mengakhiri Covid-19

Selasa, 15 Desember 2020 - 07:15 WIB
loading...
Wapres Maruf Amin sebut Perubahan Perilaku Dapat Mengakhiri Covid-19
Wakil Presiden KH Maruf Amin. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan untuk mengakhiri pandemi virus corona (Covid-19) harus melakukan perubahan perilaku secara berkelanjutan.

Misalnya, disiplin protokol kesehatan 3M (mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). Ma’ruf mengatakan, perilaku hidup bersih dan sehat ini tidak hanya diterapkan untuk sementara waktu sampai pemberian vaksinasi. Namun, diharapkan dapat menjadi budaya dan gaya hidup baru masyarakat Indonesia. (Baca: Ketika Musibah Datang Sebagai Peringatan)

“Pemerintah menyadari agar akhir dari pandemi Covid-19 ini dapat segera terwujud, karena itu dibutuhkan perubahan perilaku masyarakat secara berkelanjutan. Saya setuju jika program ini dilanjutkan,” tutur Ma’ruf, dalam sambutannya pada acara ‘Pembekalan Peserta Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku’ yang digelar secara virtual, kemarin.

Menurut dia, untuk mewujudkan hal tersebut perlu peran penting dari insan pers. Terutama untuk mencerdaskan masyarakat melalui pemberitaan yang edukatif, informatif, akurat, dan komprehensif dalam menggambarkan fenomena Covid-19 dan berbagai dampaknya. Dengan demikian, masyarakat dapat semakin memahami cara-cara melindungi diri, keluarga, dan lingkungan sekitar secara tepat.

Di samping pemberitaan mengenai perubahan perilaku, Ma’ruf mengatakan insan pers juga merupakan garda terdepan dalam menginformasikan program vaksinasi kepada masyarakat secara luas.

“Dalam menyuguhkan informasi mengenai vaksin Covid-19, insan pers perlu menyertakan data dukung dan penjelasan ilmiah dari para pakar sehingga mampu menumbuhkan kesadaran dan keyakinan masyarakat akan manfaat vaksin,” ungkapnya. (Baca juga: Begini Persyaratan Mengikuti SNMPTN 2021)

Bahkan, secara khusus, Ma’ruf meminta dukungan pers untuk kelancaran vaksinasi. “Secara khusus, saya juga ingin meminta dukungan para insan pers untuk turut mendukung kelancaran diseminasi informasi vaksin yang telah kita nantikan bersama dengan terus menyemarakkan semangat #VaksinasiUntukNegeri, #VaksinasiUntukNegeri, melalui pemberitaan-pemberitaan yang sesuai,” ucapnya.

63% Peran Media

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo menegaskan 63% keberhasilan program perubahan perilaku disiplin protokol kesehatan 3M adalah peran dari media. Diketahui, saat ini Dewan Pers bersama Satgas Penanganan Covid-19 menyelenggarakan Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku dengan jumlah penerima fellowship lebih 4.000 peserta dari para insan media.

Doni dalam sambutannya mengapresiasi program ini karena membantu Satgas untuk mengoreksi berita mengenai Covid-19 yang tidak benar. “Kami laporkan bahwa Satgas sangat terbantu dengan adanya program ini,” ungkap Doni.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)