Berlangsung di Tengah Pandemi, Pilkada 2020 Dinilai Efektif dan Transparan

Senin, 14 Desember 2020 - 10:40 WIB
loading...
Berlangsung di Tengah Pandemi, Pilkada 2020 Dinilai Efektif dan Transparan
Diketahui, penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020 ini dihadapkan banyak tantangan karena dilaksanakan di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Para penyelenggara Pilkada serentak 2020 dinilai mampu menghadirkan proses demokrasi yang sukses, efektif dan transparan. Diketahui, penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020 ini dihadapkan banyak tantangan karena dilaksanakan di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

(Baca juga: Gara-gara Beda Dukungan di Pilkada, Mertua Usir Menantu dari Rumahnya)

"Banyak tantangan, karena pelaksanaan ditengah Pandemik Covid-19, dan semua itu bisa dilewati dengan penyelenggaraan Pilkada yang lebih efektif, efisien dan transparan," ujar Akademisi dari Universitas Brawijaya Prof Bambang Supriyono, Senin (14/12/2020).

Dia mengakui pelaksanaan pelaksanaan Pilkada yang berhasil di tengah Pandemi Covid-19. Sebagai pengalaman berharga yang bisa dipetik yakni, penyelenggaraan pilkada tidak harus disertai dengan pengerahan massa.

"Proses demokrasi perlu patuh pada semua aturan termasuk protocol kesehatan," ujar pakar kebijakan publik ini.

(Baca juga: Diduga Melakukan Provokasi Kerusuhan Usai Pilkada, 6 Orang Diamankan Polisi)

Dia mengatakan, pengalaman bahwa dukungan teknologi informasi sangat diperlukan dalam pelaksanaan Pilkada. Yang terpenting, bahwa pilkada yang berkualitas diantaranya jika diikuti banyak kontestan yang visioner.

"Banyaknya kontestan yang berkualitas perlu menjadi catatan penting untuk mendukung terwujudnya kualitas demokrasi," tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Komisi Kerasulan Awam Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Romo Paulus C Siswantoko Pr. Kata dia, secara keseluruhan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 telah berlangsung dengan aman dan lancar. Kekhawatiran banyak orang pun, terbantahkan.

"Pilkada benar-benar dijalankan dengan tingkat kepatuhan pada protokol kesehatan Covid-19 yang tinggi," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4255 seconds (0.1#10.140)