Kunjungi Aceh, Doni Monardo Minta Pengungsi Banjir yang Rentan Covid-19 Dipisah

Jum'at, 11 Desember 2020 - 07:35 WIB
loading...
Kunjungi Aceh, Doni Monardo Minta Pengungsi Banjir yang Rentan Covid-19 Dipisah
Kunjungi Aceh, Doni Monardo Minta Pengungsi Banjir yang Rentan Covid-19 Dipisah
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengunjungi daerah yang terdampak banjir di Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh . Peninjauan ini untuk mengetahui kondisi terkini, memetakan permasalahan, dan menentukan langkah-langkah penanganan.

Banjir sudah berlangsung selama lima hari. Doni mengatakan langkah pertama yang diambil adalah memberikan perlindungan kepada para pengungsi. “Memisahkan antara kelompok rentan dengan masyarakat yang secara fisik sehat,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (11/12/2020).

(Baca: Protokol Kesehatan Pilkada Rendah, Doni Monardo Tegur Pejabat Daerah)

Hal itu dilakukan menghindari penularan virus Sars Cov-II alias Covid-19. Kelompok rentan, antara lain, lansia, mereka yang memiliki penyakit penyerta, ibu hamil dan menyusui, dan balita.

BNPB pun berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mempercepat proses pengerukan sumbatan dan sedimentasi di bagian hilir aliran sungai. Tujuannya, agar banjir segera surut.

(Baca: Mitigasi Tsunami di Selatan Jawa, BNPB: Ekosistem Garis Pantai Sangat Penting)

Doni sempat meninjau kondisi aliran sungai dari udara. “Saya melihat adanya pendangkalan muara sungai dan penyempitan. Kami akan segera menyiapkan beko dan kendaraan amfibi,” tuturnya.

Dalam kunjungan itu, BNPB memberikan bantuan seperti logistik, 1 unit tenda, 5.000 paket swab antigen, 100.000 masker kain, 10.000 masker KF 94, 100 lembar matras, dan 100 lembar selimut. Daerah yang mendapatkan bantuan, seperti Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh Timur, dan Bener Meriah.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)