Golkar Klaim Menangkan 165 Daerah di Pilkada Serentak 2020

Kamis, 10 Desember 2020 - 14:50 WIB
loading...
Golkar Klaim Menangkan 165 Daerah di Pilkada Serentak 2020
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengumumkan kemenangan Partai Golkar dalam Pilkada Serentak 2020 yang digelar Rabu (9/12) kemarin. Foto/SINDOnews/Kiswondari
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengumumkan kemenangan Partai Golkar dalam Pilkada Serentak 2020 yang digelar Rabu (9/12) kemarin. Partai beringin sukses memenuhi target raihan kemenangan minimal 60% di berbagai daerah pemilihan (dapil).

"Menurut hitung cepat (quick count) dari 270 wilayah yang menggelar pemilihan kepala daerah, pasangan yang didukung Golkar memenangi 165 daerah. Jumlah ini mencapai 61,11 persen. Angka tersebut sudah melewati target yang digariskan Partai Golkar sebesar 60 persen," kata Airlangga dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Golkar di Jakarta, Kamis (10/12/2020). (Baca juga:Bawaslu Jateng Endus Dugaan Politik Uang di Pilkada Serentak)

Airlangga mengungkapkan dari pemilihan gubernur di 9 provinsi, Golkar memastikan kemenangan calon yang didukungnya di 6 daerah. Rinciannya, 4 untuk posisi gubernur dan 2 untuk posisi wakil gubernur. Capaian ini mengungguli partai-partai lainnya.

Di Pilgub Jambi, lanjut Menko Perekonomian itu, Ketua DPD Golkar Jambi Cek Endra dan Ratu Munawaroh unggul atas dua pasangan calon lainnya. Begitu pula di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memenangkan pasangan Ansar Ahmad (Golkar) dan Marlina Agustina. Provinsi Bengkulu pasangan Rohidin Mersyah (Golkar) dan Rosjonsyah juga menang.

"Sementara di Kalimantan Selatan pasangan Sahbirin Nor (Golkar) dan Muhidin juga menang tipis. Untuk posisi wakil gubernur Golkar menang di Kalimantan Tengah pasangan Sugianto Sabran dan wakilnya Edy Pratowo (Golkar). Begitu pula Sulawesi Tengah pasangan Rusdy Mastura dan wakilnya Ma’mun Amir (Golkar) juga unggul," paparnya.

Kemudian, Airlangga melanjutkan untuk pemilihan di tingkat dua, kabupaten dan kota, Golkar juga mendominasi di berbagai daerah pemilihan. Salah satu yang paling fenomenal, di Tangerang Selatan (Tangsel), saat Golkar sebagai partai tunggal berhasil mengusung Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan memenangi pemilihan di daerah tersebut. Di Tangsel, Golkar bahkan bisa lolos dari jepitan partai besar lainnya seperti PDIP dan Partai Gerindra.

"Dominasi Golkar juga ditunjukkan di Sumatera Utara. Partai beringin sukses melambungkan suara Bobby Nasution untuk memenangkan Pilwakot Medan. Selain itu calon yang diusung Golkar juga memenangi pemilihan di 17 kab/kota dari 23 pilkada atau 73,91 persen kemenangan di Sumut," terang Airlangga. (Baca juga:Partai Golkar Klaim Pasangan Radiapoh-Zonny Waldy Menang Pilkada Simalungun)

Di daerah pemilihan Sumatera II, lanjut dia, Golkar semakin berjaya dengan meraih kemenangan minimal 50%. Di Jambi, Golkar menang 4 dari 6 dapil (66,67%). Di Sumsel Golkar mendominasi 5 dapil dari 7 dapil (71,43%) yang ada. Bahkan di Bengkulu, Golkar hampir menyapu bersih karena memenangkan delapan dapil dari 9 dapil (88,98%) di provinsi itu. Di Bangka Belitung, Golkar mencapai kemenangan 50% karena memenangi 2 dapil dari 4 yang ada. Begitu pula di Lampung calon yang diusung Golkar menang di 4 dapil dari 8 yang ada atau 50%.

Mantan Menteri Perindustrian ini sukses di Sumatera II juga diikuti di Jawa I karena Golkar memenangkan 4 dapil dari 8 dapil yang ada di Jawa Barat. Golkar hampir tak terbendung di Banten dengan memenangkan calon yang didukung di tiga dapil dari empat dapil yang ada atau 75% kemenangan. Di Jawa Tengah, kolaborasi Golkar dengan partai lainnya memenangi 85,71% atau menang di 18 dapil dari 21 dapil di Jateng. Untuk Pilwakot Solo, Golkar membantu pasangan Gibran Rakabuming-Teguh memenangi pemilihan hingga 85% suara dari total suara yang masuk.

"Sukses itu diikuti kemenangan 52,33 persen di Jawa Timur karena Golkar sukses mengantarkan 10 pasangan menang di dapilnya dari 19 dapil di Jatim," tuturnya.

Airlangga menambahkan Partai Golkar juga mendominasi di Kalimantan. Seperti di Kalbar menang di 5 dapil dari 7 (71,43%), Kaltim menang di 6 dapil dari 9 (66,67%), di Kalsel menang di 3 dapil dari 8 (37,5%), di Kalteng menang di 1 dapil dari 2 (50%) dan Kaltara menang di 3 dapil dari 5 (60%). Capaian hampir sama juga ditunjukkan Golkar di Papua menang 72, 73% dan Papua Barat menang 88,98%. (Baca juga:Kepengurusan Baru, SOKSI Siap Menangkan Golkar di Pilkada dan Pemilu 2024)

"Total kemenangan sebesar 61,11 persen tak hanya membuat Golkar melampaui target. Data ini menunjukkan posisi Golkar yang kembali mendominasi. Partai beringin adalah satu-satunya parpol yang dalam Pilkada 2020 ini menjadi partai yang memiliki dukungan pasangan kepala daerah di 270 daerah pemilihan," tutur Airlangga.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)