Kursi Mensos Perlu Diisi Kalangan Profesional, Jangan dari Parpol Lagi

Kamis, 10 Desember 2020 - 14:30 WIB
loading...
Kursi Mensos Perlu Diisi Kalangan Profesional, Jangan dari Parpol Lagi
Kursi Mensos yang ditinggalkan Juliari Peter Batubara lantaran jadi tersangka suap bansos Covid-19 perlu diisi kalangan profesional. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Meski yakin pengganti Juliari Peter Batubara sebagai Menteri Sosial ( Mensos ) masih berasal dari PDI Perjuangan (PDIP) , Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie lebih setuju pos itu diisi kalangan profesional.

"Sebetulnya saya lebih setuju Mensos dari kalangan profesional atau akademisi yang tak ada ikatan dengan parpol," ujar Jerry saat dihubungi SINDOnews, Kamis (10/12/2020).

Jerry mengatakan, pos ini perlu diisi kalangan tersebut, karena cakupan kebijakan lembaga ini rentan dengan tindakan korupsi. Apalagi sudah tiga Menteri Sosial yakni Bachtiar Chamsyah, Idrus Marham, dan Juliari Batubara tersandung korupsi.

"Bahkan Kementerian PU-PR, Kementerian PDT, Kemendikbud, Kementerian Kesehatan, Kemenhan, Kementerian Pertanian. APBN yang dialokasikan ke kementerian ini cukup besar," ujarnya.

( ).

Maka itu, menurut Jerry, jika nantinya Presiden Jokowi mencari pengganti Juliari, harus merdeka dari kecenderungan partai politik. Ia menilai, sisa empat tahun adalah waktu yang singkat untuk mewariskan legacy yang baik kepada masyarakat.

"Jadi menurut saya Kemensos perlu diisi dari kalangan profesional yang bersih rekam jejaknya bagus tak pernah terlibat masalah hukum," ujarnya.

( ).

(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)