Partai Demokrat Klaim Kemenangan 57% Pilkada Serentak 2020

Kamis, 10 Desember 2020 - 12:31 WIB
loading...
Partai Demokrat Klaim Kemenangan 57% Pilkada Serentak 2020
Partai Demokrat mengklaim meraih kemenangan 57% dari 270 daerah yang menggelar pilkada pada 9 Desember kemarin. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Partai Demokrat (PD) mengklaim telah melampaui target kemenangan sebesar 50% pada Pilkada Serentak 2020 . Partai berlambang segitiga berlian itu meraih kemenangan 57% dari 270 daerah yang menggelar pilkada pada 9 Desember kemarin.

Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani menjelaskan, klaim Demokrat ini berdasarkan data yang masuk dari hasil hitung cepat dari struktur partai maupun lembaga survei.

"Berdasarkan data yang masuk, sesuai hasil hitungan cepat di daerah-daerah Pilkada, baik yang bersumber dari struktur partai, paslon, maupun lembaga survei yang dipercaya melakukan quick count, kami bersyukur dan berbahagia apa yang menjadi target kemenangan Partai Demokrat dapat tercapai bahkan terlampaui," kata Kamhar kepada wartawan, Kamis (10/12/2020). ( )

Kamhar memaparkan, dari 270 Pilkada yang berlangsung, Partai Demokrat mengusung paslon di 250 Pilkada, termasuk 9 kontestasi Pilkada Gubernur (Pilgub). Dari 9 pilgub yang diikuti, calon yang diusung PD menang di 4 daerah yang 2 di antaranya adalah kader Partai Demokrat. Empat pilgub itu yakni Pilgub Kalimantan Selatan yang mengusung Denny Indrayana dan Difriadi, Pilgub Kalimantan Utara pasangan Zainal A Paliwang dan Yansen TP, Pilgub Bengkulu pasangan Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah, dan Pilgub Sulawesi Tengah pasangan Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir.

"Untuk Pilgub kemenangan sebesar 44,4%," katanya.

Sementara untuk pilkada kabupaten/kota, Kamhar melanjutkan, dari 241 Pilkada yang diikuti sebagai pengusung dan pendukung, PD memperoleh kemenangan di 143 daerah atau sebesar 57% daerah pilkada yang diikuti atau 55% dari 261 Pilkada kabupaten/kota yang berlangsung. Dari jumlah kemenangan tersebut, 83 daerah pilkada yang menang mengusung kader sendiri sebesar 57% dari pilkada yang diikuti PD atau 31% dari total pilkada kabupaten/kota yang dilaksanakan. Dan hanya 57 pilkada yang dimenangkan oleh nonkader PD sebesar 43% dari daerah Pilkada yang diikuti atau 22% dari total pilkada kabupaten/kota yang berlangsung. ( )

"Kemenangan ini antara lain Jabar 4 kemenangan dari 7 Pilkada, Jateng 12 kemenangan dari 15 Pilkada yang diikuti, Jatim 13 kemenangan dari 18 Pilkada yang diikuti, Sumut 10 kemenangan dari 22 Pilkada yang diikuti, Kaltim 5 kemenangan dari 7 Pilkada yang diikuti, Sulsel 6 kemenangan dari 12 Pilkada yang diikuti, Sulbar 3 kemenangan dari 4 Pilkada yang diikuti, Maluku 3 kemenangan dari 4 Pilkada yang diikuti, dan Papua 9 kemenangan dari 11 Pilkada yang diikuti," katanya.

Menurut Kamhar, capaian ini memiliki arti penting bagi Partai Demokrat, apalagi partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono ini bisa melampui target yang telah ditetapkan sebelumnya sebesar 35% kemudian direvisi menjadi 50%. Dan Demokrat malah berhasil mencapai 57%.

"Ini tentu berdampak positif dan kontributif pada peningkatan moral, semangat dan rasa percaya diri kader dan partai, apalagi banyak kemenangan yang dicapai oleh kader sendiri, kemenangan yang subtantif. Kami menempatkan ini sebagai kesuksesan. Kesuksesan Pilkada bernilai penting dan strategis karena secara empirik berkorelasi erat dan berhubungan timbal balik dengan sukses Pileg dan sukses Pilpres," katanya.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)