iSB dan Kalbis Institut Kolaborasi Gelar Kompetisi Social Media Tournament

Jum'at, 04 Desember 2020 - 18:06 WIB
loading...
iSB dan Kalbis Institut Kolaborasi Gelar Kompetisi Social Media Tournament
iSB dan Kalbis Institute menyelenggarakan kompetisi Social Media Tournament untuk meningkatkan kemampuan siswa dan siswi SMA di Indonesia dalam menghadapi revolusi Industri. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Revolusi Industri 4.0 merupakan fenomena kolaborasi teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Hal tersebut menambah nilai efisiensi kebutuhan industri saat ini. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kita harus mampu menguasai teknologi dan juga beradaptasi dalam penggunaannya.

Dalam revolusi industri 4.0, kemajuan paling pertama yang dapat dirasakan adalah “internet of things” (IoT). Nantinya, IoT dapat menghubungkan data diri dan meningkatkan kemampuan koneksi tiap- tiap individu. (Baca juga:Gairahkan UMKM Kota Bandung, LPPM Unisba Gelar Pelatihan Aplikasi E-Commerce untuk Pedagang Kaki Lima)

Elita Chandra, M.M, Digital Marketing Lecturer i3l School of Business (iSB) menyatakan iSB dan Kalbis Institute, menyelenggarakan kompetisi “Social Media Tournament” untuk meningkatkan kemampuan siswa dan siswi SMA di Indonesia dalam menghadapi revolusi Industri ini serta mempertajam kemampuan Digital Marketing mereka khususnya di bidang Social Media Marketing. Perlombaan ini menggunakan Software Mimic Social berbasis simulasi yang dikembangkan oleh Stukent Inc yang berlokasi di Idaho, Amerika Serikat. (Baca juga:

“Dengan menggunakan software ini, para peserta melakukan simulasi social media sebuah perusahaan, dimana mereka harus menentukan berbagai macam keputusan dalam Social Media Marketing. Selain itu mereka juga belajar untuk menganalisa metriks dari tiap ronde yang mereka jalankan,” ujar Elita dalam keterangannya, Jumat (4/12/2020).

Total peserta yang mendaftar pada perlombaan ini berjumlah 32 tim, dengan kategori SMA dan SMK. Pelaksanaan Social Media Tournament sendiri terbagi menjadi tiga tahap, yakni awal, seleksi semifinal dan final. Terdapat 8 tim yang lolos ke babak Final meliputi, SMA Xaverius 1 Palembang, SMA Pelita Bangsa Cirebon, SMA Yakobus, SMKN 1 Bekasi, SMA Golden Gate, SMAK Penabur Cirebon, SMA Dharma Loka, dan SMA Regina Pacis Bogor.

Berdasarkan keputusan pemenang di seleksi final, ada tiga tim yang menang. Juara pertama diraih oleh SMA Xaverius 1 Palembang, Juara 2 dan 3 diraih oleh SMA Pelita Bangsa Cirebon. Salah satu Pemenang, Michael Vincetius dari SMA Xaverius 1 Palembang menyatakan bahwa selama kompetisi ini ia belajar banyak mengenai social media marketing. Mulai dari pengetahuan target pasar, jenis iklan yang dapat diimplementasikan dan juga waktu yang tepat untuk mengiklankan suatu produk.

“Walaupun kompetisi ini bersifat simulasi, saya merasa tertantang karena di sini saya belajar bagaimana saya harus memaksimalkan dana yang diberikan terhadap platform social media yang akan digunakan untuk mencapai target pasar yang diinginkan,” tuturnya.

Lomba ini diharapkan mampu menjadi pionir bagi dunia pendidikan untuk bisa bersinergi dengan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan serta kecakapan dari para siswa siswi SMA maupun mahasiswa, sehingga mereka memiliki kemampuan yang cukup.

Elita menjelaskan sebagai bentuk apresiasi dari kompetisi ini masing-masing peserta mendapatkan sertifikat, dan uang tunai sebesar Rp10 juta bagi juara pertama, Rp7,5 juta bagi juara kedua, dan Rp5 juta bagi juara ketiga. (Baca juga:Institusi Pendidikan I3L Turut Berkontribusi Lawan COVID-19)

Selain itu, hal ini menjadi bukti i3L School of Business (iSB) dan Kalbis Institute untuk mendukung kemajuan dunia pendidikan di era revolusi industri 4.0, yang mana sekarang hampir semua lini bisnis menggunakan strategi digital dalam menjalankan usahanya. Sehingga perlu bagi putra dan putri Indonesia memiliki kemampuan bisnis, khususnya pada digital marketing sebagai upaya pembangunan ekonomi ke depannya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2259 seconds (0.1#10.140)