Sang Ayah Stroke, Ini Curhatan Puteri Komarudin di Hari Disabilitas

Kamis, 03 Desember 2020 - 18:14 WIB
loading...
Sang Ayah Stroke, Ini Curhatan Puteri Komarudin di Hari Disabilitas
Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar Puteri Anetta Komarudin. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap tanggal 3 Desember yang jatuh pada Kamis hari ini. Di Indonesia, perhatian terhadap kaum disabilitas dinilai masih sangat minim. Salah satunya dalam hal penyediaan infrastruktur penunjang.

Hal itu disuarakan Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar Puteri Anetta Komarudin . Melalui akun Instagram-nya, @puterikomarudin, anak dari mantan ketua DPR Ade Komarudin itu menyebutkan pengalaman pribadi yang diraskannya betapa infrastruktur untuk kaum disabilitas di Indonesia masih sangat minim.

"Sejak ayahku menjadi bagian dari keluarga besar kaum disabilitas dikarenakan penyakit stroke yang diderita beliau sejak tahun 2018, aku semakin menyadari betapa lemahnya infrastruktur pendukung untuk kaum disabilitas di Indonesia," kata Puteri, dikutip Kamis (3/12/2020).

Dia menyebutkan fasilitas misalnya tempat makan, mal dan lainnya yang umumnya belum ramah terhadap kaum disabilitas. "Dari mulai tempat makan, mall, hotel sampai dengan perkantoran, banyak sekali yang tidak dilengkapi dengan akses yang memadai untuk kaum disabilitas," urainya. ( )

Tidak hanya itu, kata Wakil Sekretaris Fraksi Partai Golkar ini, masih banyak masyarakat yang tidak sadar untuk bertenggang rasa ketika menggunakan sarana publik bersama dengan kaum disabilitas.

"Dari mulai antrean lift yang diserobot oleh orang yang mempunyai kapasitas untuk naik tangga/eskalator sampai dengan mobil-mobil lain yang terus membunyikan klakson ketika kita membutuhkan waktu lebih untuk menurunkan ayah dan kursi rodanya dari mobil, sudah menjadi makanan kami sekeluarga sehari-hari," ungkapnya.

Puteri pun menyakini hal serupa dirasakan para penyandang disabilitas atau keluarga lainnya. "Aku sangat yakin, hal serupa juga sering dirasakan oleh teman-teman #GolonganPuteri penyandang disabilitas atau anggota keluarganya. Manusia diciptakan setara, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing," urainya. ( )

Dia berharap Hari Disabilitas Internasional menjadi momentum untuk bisa menempatkan diri pada posisi sesama dan semakin memanusiakan manusia.

Dalam unggahannya, Puteri juga menyertakan gambar dirinya sedang memeluk sang ayah ketika dirinya melangsungkan prosesi pernikahan belum lama ini. (Klik ini untuk ikuti survei SINDOnews tentang Calon Presiden 2024)
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)