LSI Denny JA Ukur Elektabilitas Calon Gubernur Sulut, Begini Hasilnya

Rabu, 02 Desember 2020 - 16:24 WIB
loading...
LSI Denny JA Ukur Elektabilitas Calon Gubernur Sulut, Begini Hasilnya
Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 semakin dekat. Perhelatan demokrasi lima tahunan di daerah itu akan digelar pada tujuh hari mendatang, tepatnya 9 Desember 2020. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 semakin dekat. Perhelatan demokrasi lima tahunan di daerah itu akan digelar pada tujuh hari mendatang, tepatnya 9 Desember 2020.

Menjelang pilkada, LSI Denny JA merilis hasil survei elektabilitas calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara (Sulut). Berdasarkan hasil survei, pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur (cagub-cawagub) Sulut petahana, Olly Dondokambey-Steven Kandouw memiliki potensi kemenangan di atas 60%.

Hasil survei menunjukkan Olly-Steven meraih sebesar 65,7%. Disusul pasangan Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar dengan dukungan sebesar 26,2 %, dan pasangan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene dengan dukungan sebesar 5.5 %.

"Mereka yang belum menentukan pilihan hanya tersisa sebesar 2,6 %," kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby dalam lembaran rilis hasil surveinya yang diterima SINDOnews, Rabu (2/12/2020).

Survei dilaksanakan selama 19-25 November 2020 dengan melibatkan 800 responden di semua kabupaten/kota di Sulut. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka (face to face interview) dengan estimasi margin of error sebesar 3.5 %.( )

LSI Denny JA memaparkan jika mereka yang belum menentukan pilihan sebesar 2,6 % dibagi secara proporsional kepada tiga pasangan kandidat (karena di saat pemilihan, tidak ada lagi yang belum menentukan pilihan), maka dukungan pasangan Olly-Steven menjadi sebesar 67,4 %, Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar 26,9 %, dan dukungan kepada pasangan Vonnie-Hendry 5,7 %.

Dalam surveinya, LSI Denny JA juga membuat prediksi kisaran dukungan (range) dukungan para kandidat berdasarkan hitungan plus minus margin of error (MoE) survei sebesar 3,5 %.( )

Dengan prediksi range dukungan pasangan Olly-Steven sebesar 63,9 %-70,9 %,range dukungan Cep-Sehan sebesar 23,4-30,4 %, dan range dukungan pasangan Vonnie-Hendry sebesar 2,2%-9,2%.
LSI Denny JA Ukur Elektabilitas Calon Gubernur Sulut, Begini Hasilnya

LSI Denny JA juga memprediksi Olly-Steven akan memenangkan Pilkada Sulut 2020. "Mengapa LSI Denny JA berani menyatakan bahwa ODSK di ambang dua periode? Dengan data yang dipaparkan sebelumnya, elektabilitas petahana diatas 60 persen, jarak elektabilitas petahana dengan kompetitor terdekat +/- 40 persen, pemilih militan Olly-Steven di atas 55 persen, dan dengan data tersebut hampir mustahil kompetitor mampu mengejar elektabilitas tersebut.( Klink link ini untuk Ikuti survei sindonews tentang calon presiden 2024 )
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)