Bangkitkan Pariwisata, Rumah Siap Kerja Beri Pelatihan Digital Marketing

Rabu, 02 Desember 2020 - 15:25 WIB
loading...
Bangkitkan Pariwisata, Rumah Siap Kerja Beri Pelatihan Digital Marketing
Rumah Siap Kerja memberi pelatihan digitalisasi marketing serta pelatihan ritel untuk membangkitkan sektor pariwisata. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Peningkatan kualitas tenaga kerja, khususnya digitalisasi marketing serta pelatihan ritel menjadi hal terpenting dalam pengembangan industri pariwisata saat ini. Lewat kedua hal tersebut, industri pariwisata lokal diyakini dapat pulih pascaresesi imbas pandemi virus Corona (Covid-19) yang melanda bangsa sejak setahun belakangan.

Optimisme itu disampaikan Sandiaga Uno dalam pembukaan pelatihan yang digelar Balai Latihan Kerja (BLK) Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dan Rumah Siap Kerja secara online pada Senin, 30 November 2020. Menurut Sandi, guna meningkatkan perekonomian lokal Bangka Belitung yang merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), masyarakat harus dibekali dengan sejumlah keterampilan. Keterampilan tersebut di antaranya manajemen usaha hingga pemasaran produk lokal lewat digital. (Baca juga: Dapat Dana Stimulus dari Pemkab Klungkung, Nusa Penida Siap Bangkitkan Kembali Pariwisata Bali)

Sebab diketahui, Bangka Belitung diketahui merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Sehingga menurutnya, Bangka Belitung memiliki potensi besar untuk dikembangkan yang dapat membawa pariwisata Bangka Belitung ke kancah internasional. "Untuk merealisasikan potensi ini, di era digital sangatlah penting bagi tenaga kerja untuk terus meningkatkan skillnya. Dan karena itulah Rumah Siap Kerja bekerja sama dengan Kartu Prakerja memberikan pelatihan serta sertifikasi," jelas Sandi dalam siaran tertulis pada Rabu (2/11/2020). (Baca juga: Sandiaga Uno Optimis Resesi Berakhir Tahun 2021 dan Terbuka Lapangan Kerja)

Tujuannya untuk membantu Belitung yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus menjadi the next tourist destination di Indonesia, sehingga dapat memajukan laju perekonomian lokal dan mengukirkan namanya di kancah internasional. Dalam acara tersebut turut hadir Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman; Bupati Belitung, H Sahani Saleh; Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja, Mohammad Rudy serta Kepala Kemitraan dan Pengembangan Ekosistem Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Regi Wahono. (Baca juga: RI Tuan Rumah Annual Meeting Indonesia Global Tourism Forum 2021)

Sebagai wujud dukungan, Sandi bersama Rumah Siap Kerja memberikan pelatihan kewirausahaan dan peningkatan keahlian demi mewujudkan generasi muda yang selalu siap kerja dan siap usaha. Bahkan, Sandi mengaku memberikan pelatihan kewirausahaan dan mengajar langsung di Kelas Bisnis Sandiaga Uno "Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu bangkitnya Industri Pariwisata dan penciptaan lapangan kerja di Belitung. Secara khusus, pelatihan ini diharapkan dapat membantu generasi muda Belitung untuk meningkatkan skill dan kualifikasi mereka dalam bidang digital marketing dan pelayanan ritel untuk memperluas kesempatan kerja," jelasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)