Habib Rizieq Kenang Peristiwa 212, Sebut Ada Tiga Spirit Persaudaraan

Rabu, 02 Desember 2020 - 11:25 WIB
loading...
Habib Rizieq Kenang Peristiwa 212, Sebut Ada Tiga Spirit Persaudaraan
Habib Rizieq menyebut ada tiga spirit persaudaraan (ukhuwah) yang dapat diambil dari kegiatan 212 tahun 2016. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Habib Rizieq Shihab memberi ceramah dalam acara Dialog Nasional 212 yang digelar secara virtual. Dalam dialog pengganti Reuni 212 ini, Habib Rizieq menyebut ada tiga spirit persaudaraan (ukhuwah) yang dapat diambil dari Peristiwa 212 tahun 2016.

"Dalam Aksi 212 ada spirit basyariah karena tidak hanya dari Indonesia tapi juga dari luar negeri. Ada wathaniyah karena tidak hanya umat Islam, dan tentu ukhuwah islamiyah banyakan umat muslim," kata Habib Rizieq Shihab , Rabu (2/12/2020).

Dia menyebut persaudaraan antarumat manusia atau ukhuwah basyariyah tidak terbatas pada golongan. Hal itu karena kita semua berasal dari Adam yang terbuat dari tanah liat.

"Dalam Aksi 212 bahkan dalam reuni ada spirit persaudaraan kemanusiaan. Kalau bicara manusia kita tidak bicara suku, agama, partai, dan ras golongan. Apalagi kalau ada bencana, jangan bicara apa pun tentang perbedaan. Jadi 212 itu ada ukhuwah sesama manusia," jelasnya.

( ).

Selanjutnya, ukhuwah wathaniyah atau persaudaraan atau kecintaan pada negara bangsa. Rizieq menyebut, Nabi Muhammad SAW secara terang-terang di depan sahabat menunjukkan kecintaan kepada Mekkah atau Madinah. "Secara eksplisit maupun implisit Rasulullah menunjukkan kecintaan kepada bangsa," bebernya.

Terakhir, ukhuwah islamiyah atau persaudaraan yang diikat iman. Dia menyebut ukhuwah islamiyah tidak berbenturan dengan basyariah dan wathaniyah.

( ).

"Siapa pun yang mendeklarasikan muslim wajib berpegang dengan hukum Allah. Karena itu jalan hidup menuju akhirat. Berpegang iman," pungkasnya.

( Untuk mengisi survei calon Presiden 2024 pilihan Anda, silakan klik di sini ).
(zik)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2394 seconds (0.1#10.140)
pixels