Akses Sempat Ditutup, Enam ABK WNI Berhasil Dipulangkan dari AS

loading...
Akses Sempat Ditutup, Enam ABK WNI Berhasil Dipulangkan dari AS
Pemerintah berhasil membantu kepulangan enam ABK asal Indonesia dari AS. Foto/dok.SINDOnews
JAKARTA - Pandemi Covid-19 menyebabkan sebagian besar negara mengambil kebijakan preventif menutup akses masuk demi mengendalikan laju penularan. Penutupan akses tersebut ikut berdampak pada nasib anak buah kapal (ABK) Indonesia yang terdampar selama beberapa waktu di French Polynesia, Tahiti.

“Baru-baru ini, Konsulat Jenderal RI di Los Angeles berhasil memfasilitasi kepulangan 6 (enam) orang ABK asal Indonesia yang terdampar di Tahiti. Mereka mengaku kesulitan untuk pulang ke Indonesia karena rute pesawat mereka melalui New Zealand ditutup,” ujar wakil dari KJRI Los Angeles, Ardian Budhi Nugroho seperti dilansir dari keterangan resmi Kementerian Luar Negeri ( Kemlu ), Sabtu (28/11/2020).

(Baca: Imbas Covid, 31 ABK di Taiwan Dipulangkan ke RI)

Para ABK tersebut berhasil pulang ke Indonesia setelah KJRI Los Angeles terjun langsung membantu memfasilitasi kepulangan melalui otoritas di Amerika Serikat. Beberapa di antaranya sempat terkendala lantaran tidak memiliki dokumen terkait.



“Empat ABK tidak memiliki visa AS sehingga kami melakukan upaya proaktif kepada otoritas setempat untuk dapat memberikan pengecualian supaya mereka bisa transit di Los Angeles untuk kemudian melanjutkan penerbangan ke Qatar dan Jakarta,” tambah Ardian.

(Klik ini untuk ikuti survei SINDOnews tentang calon presiden 2024)

Keenam ABK tersebut bekerja untuk perusahaan kapal layar Windstar Cruises. Berdasarkan hasil komunikasi KJRI Los Angeles dengan Otoritas setempat, masih terdapat tiga orang ABK yang menunggu fasilitasi proses kepulangan.
(muh)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top