Sebanyak 932 Prajurit dan Bhayangkari Taruna Akmil-Akpol Diwisuda

loading...
Sebanyak 932 Prajurit dan Bhayangkari Taruna Akmil-Akpol Diwisuda
Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Marsdya Tamsil Gustari Malik. Foto/SINDOnews/Okto Rizki Alpino
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin wisuda 923 Calon Prajurit dan Bhayangkara Taruna (Prabhatar) Akademi TNI dan Akadami Kepolisian (Akpol) tahun 2020.

Acara wisida digelar di Gedung Olahraga (Gor) Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat 27 November 2020. Seluruh taruna dinyatakan lulus dan dilantik menjadi prajurit taruna.

Di tengah pandemi Covid-19, prosesi upacara Prabhatar tidak bisa dihadiri para orang tua, sebagai gantinya maka disiarkan secara live streaming melalui chanel youtube dan instagram Puspen TNI serta instagram Akademi TNI, Akademi Angkatan dan Akpol.(Baca juga: Sertijab Perwira TNI AU, Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah Jabat Kadispenau )

Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Marsdya Tamsil mengatakan, tugas Akademi TNI, yakni menyiapkan pendidikan awal bagi calon perwira TNI/Polri yang dilaksanakan terpusat di Magelang, Jawa Timur.



"Pada tahap awal ini akademi TNI mendidik selama tiga buan, dalam tiga bulan ini kita mendidik tentunya kegiatan-kegiatan yan bersifat dasar-dasar kemiliteran atau dasar keprajuritan," ujarnya di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat 27 November 2020.

Menurut Tamsil, pendidikan dasar integrasi kemitraan taruna akademi TNI dan Akpol tahun 2020 merupakan pelaksanaan pendidikan yang keenam dalam satu wadah lembaga pendidikan yang sama, yaitu mechandra akademi TNI.

"Pendidikan dasar integrasi ini dimaksudkan untuk menanamkan dan menumbuh kembangkan semangat integrasi dalam mewujudkan sinergitas dan soliditas bagi calon generasi pemimpin TNI/Polri di masa datang," ucapnya.(Baca juga: Digelar di Empat Titik, TNI Targetkan 1.000 Warga Petamburan Ikuti Rapid Test )



Pada tahun 2020 mechandra akademi TNI, sambung dia, mendidik sebanyak 923 calon prajurit tarina akademi TNI sejumlah 672 orang yang terdiri dari Akmil 426 taruna, AAL 120 taruna dan 10 taruni, AAU 107 taruna dan 10 taruni. Sedangkan calon bhayangkara taruna Akpol sejumlah 251 orang terdiri dari 219 taruna dan 32 taruni.

"Jadi kegiatan hari ini adalah ujung dari kegiatan pada tahap satu. Nantinya ditahap dua. Untuk akademi TNI taruna darat, laut dan udara akan dilanjutkan pendidikan tahap dua yangg akan dibuka pada 30 November, minggu depan. Sementara untuk taruna akademi kepolisian, akan mulai mengikuti pendidikan di akademi kepolisian dimulai pada hari yang sama," katanya.
(dam)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top