Percepat Pembangunan Infrastruktur Komunikasi di Teras Indonesia

Kamis, 26 November 2020 - 20:15 WIB
loading...
A A A
Mengutip data Statiska.com, Yuliandre mengatakan tercatat ada 3,2 juta unduhan baru dari aplikasi tersebut, namun menjadi hal yang perlu diperhatikan adalah segi tingkat keamanan yang harus selalu di waspadai.

“Bagaimana masyarakat Indonesia mengisi hari-harinya dengan platform baru untuk mengisi infratruktur itu, kegiatan ini juga menjadi bagian merajut nusantara,” tutur Andre.

Yuliandre mengegaskan metode daring ini yang seakan sudah menjadi kewajiban agar masuk kedalam dunia pendidikan. Andre melihat ada sekitar 20 persen kenaikan penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan dengan artian 5 dari 10 guru sudah menggunakan komputer dalam proses belajar mengajar.

“Kini kita semua sudah sangat familiar dengan aplikasi zoom dan youtube, kedua aplikasi ini sekarang sudah menjadi ruh kegiatan belajar mengajar dan bisnis yang dilakukan untuk proses pembelajaran,” papar Yuliandre.

Namun, tidak semudah yang dibayangkan, lebih jauh Andre menilai dalam metode pembelajaran daring juga memiliki banyak tantangan.

Bedasarkan hasil riset dan penelitian yang dilakukan oleh Astini (2020) dalam jurnal ilmu pendidikan ini mengungkapkan fakta ada sekitar 50% para pengajar dan murid yang belum pernah melakukan pembelajaran dengan metode daring, dan 25% tidak adanya fasilitas pendukung seperti komputer jinjing dan 25% belajar hanya menggunakan telepon pintarnya.

“Jadi pembelajaran melalui daring ini masih memiliki tantangan tersendiri, adapatasi hingga infrastrkur teknologi menjadi sesuatu yang harus diperhatikan,” katanya.( )
(dam)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4477 seconds (0.1#10.140)