Jokowi Ingin Ada Perlindungan Sosial bagi Pekerja Sektor Pariwisata

Kamis, 16 April 2020 - 13:07 WIB
loading...
Jokowi Ingin Ada Perlindungan Sosial bagi Pekerja Sektor Pariwisata
Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pariwisata merupakan sektor yang terdampak pertama dan paling berat dengan adanya Covid-19. Dia pun ingin agar langkah-langkah mitigasi segera dilakukan.

"Baik yang terkena itu hotel, restoran, dan juga yang menyangkut rakyat yaitu barang-barang kerajinan yang dijajakan di sana. Oleh sebab itu langkah-langkah mitigasi perlu secepatnya dilakukan," katanya saat membuka rapat terbatas, Kamis (16/4/2020).

Dia mengungkapkan hal pertama untuk mitigasi dampak tersebut adalah berkaitan dengan para pekerja. Dia ingin ada perlindungan sosial bagi pekerja di sektor pariwisata.

"Program perlindungan sosial bagi pekerja yang bekerja di sektor pariwisata ini betul-betul harus dipastikan ada dan sampai kepada sasaran," tegasnya.

Kemudian Jokowi juga meminta agar realokasi diarahkan pada program padat karya bagi para pekerja di sektor pariwisata.

"Realokasi anggaran yang ada. Dari Kementerian Pariwisata harus diarahkan ke arah semacam, saya belum tahu barangnya apa. Tapi semacam program padat karya bagi pekerja-pekerja yang bergerak di bidang pariwisata ini," ujarnya.

Lebih lanjut dia juga minta dipersiapkan stimulus ekonomi bagi para pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sehingga, para pelaku usaha ini dapat bertahan. "Agar betul-betul dilakukan agara mereka bisa bertahan dan tidak melakukan PHK secara besar-besaran," katanya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)