Ridwan Kamil Akui Masyarakat Euforia Melihat Habib Rizieq dari Dekat

Jum'at, 20 November 2020 - 18:03 WIB
loading...
Ridwan Kamil Akui Masyarakat Euforia Melihat Habib Rizieq dari Dekat
Ridwan Kamil mengakui ada euforia masyarakat untuk melihat Habib Rizieq saat datang ke Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, belum lama ini. Foto: SINDOnews/Sutikno
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan laporan panitia kegiatan Habib Rizieq Shihab di Megamendung, Kabupaten Bogor sebatas salat Jumat dan peletakan batu pembangunan masjid.

”Laporan panitia ke camat satgas kabupaten hanya itu, bukan acara besar yang mengundang banyak orang, hanya acara rutin,” ujar Ridwan Kamil seusai memberikan klarifikasi atas permintaan polisi di Bareskrim Mabes Polri, Jumat (20/11/2020) petang.

(Baca: Ridwan Kamil Diperiksa di Bareskrim, Ini Penjelasan Mabes Polri)

Menurut dia, panitia juga telah diingatkan oleh Kodim soal potensi kerumunan massa dan tindakan pencegahan yang mesti dilakukan. Tetapi pada hari H kedatangan Habib Rizieq memang ada euphoria dari masyarakat yang ingin melihat secara langsung dan dari dekat Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu. ”Itu membuat situasi masif, kira-kira gitu,” terang Ridwan Kamil.

Dalam kondisi massa yang begitu banyak, pelaksana di lapangan hanya punya dua pilihan untuk mengendalikannya, yaitu pendekatan humanis atau represif. ”Karena melihat massa besar dan cenderung membuat gesekan maka pilihan Kapolda Jabar saat itu adalah pedekatan humanis, walaupun pilihan itu ada konsekuensi dari internal polisi,” ujar mantan Wali Kota Bandung ini.

(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2322 seconds (0.1#10.140)