Kemenpan RB Kembali Terapkan WFH, Tjahjo: Banyak Pegawai Positif Covid-19

Rabu, 18 November 2020 - 07:23 WIB
loading...
Kemenpan RB Kembali Terapkan WFH, Tjahjo: Banyak Pegawai Positif Covid-19
Menpan RB Tjahjo Kumolo mengatakan Kemenpan RB akan kembali memberlakukan WFH secara total. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan RB) akan kembali memberlakukan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH) secara total. Pemberlakukan dikarenakan adanya sejumlah pegawai ASN Kemenpan RB yang positif Covid-19.

“Harus WFH total di Kemenpan RB. Ini karena selain Rabu hingga Minggu akan ada penyemprotan desinfektan menyeluruh juga pertimbangan hasil swab,” katanya, Rabu (18/11/2020). (Baca juga: Ada Pandemi, Tjahjo Sebut Kebutuhan Formasi CPNS Bakal Berkurang)

Dia menyebut cukup banyak staf Kemenpan RB yang positif covid-19. “(Hasil swab) menunjukkan jumlah staf yang positif cukup banyak dan ada yang satu keluarga,” ujarnya. (Baca juga: Masih Banyak Kerumunan, Kapan Covid-19 Pergi dari Indonesia?)

Sementara itu , Sekretaris Kemenpan RB (Sesmenpan RB) Dwi Wahyu Atmaji menjelaskan WFH optimal tersebut diterapkan pada 18-20 November 2020. Meskipun demikian, dikatakan bahwa kegiatan virtual yang telah direncanakan dapat tetap dilaksanakan. “WFH bukan berarti libur, jadi ASN tetap bekerja meski pertemuannya secara virtual,” tegasnya. (Baca juga: Lagi, Dua ASN Pemkot Depok Positif COVID-19)

Menurutnya hingga saat ini, Kemenpan RB telah melakukan berbagai upaya mengatasi penyebaran Covid-19. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh bagi tamu dan pegawai saat masuk gedung, disinfektasi berkala di lingkungan kantor, penerapan social distancing, kewajiban penggunaan masker, menyediakan tambahan tempat cuci tangan, dan pembagian multivitamin bagi seluruh pegawai.

Selain itu, Kemenpan RB juga rutin menggelar tes cepat Covid-19. Tes Imunoserologi Anti SARS-Cov-2 atau tes serologi diselenggarakan secara berkala setiap dua minggu. Di samping itu juga dilakukan pemeriksaan swab PCR (polymerase chain reaction) bagi seluruh pegawai. “Tes ini diperuntukkan bagi seluruh pegawai Kemenpan RB sebagai tindakan preventif untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 di Kementerian PAN RB,” ujarnya.

Kemenpan RB juga memperkuat Tim Penanganan Covid-19 dengan membentuk Covid-19 Crisis Center. Dimana tugasnya antara lain untuk mempercepat penanganan Covid-19 di lingkungan Kemenpan RB.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)