BMKG Sebut 30 Persen Zona Musim di Indonesia Telah Masuk Musim Hujan

loading...
BMKG Sebut 30 Persen Zona Musim di Indonesia Telah Masuk Musim Hujan
Warga menggunakan payung saat hujan membasahi Jakarta. Foto/SINDOnews/Adam Erlangga
A+ A-
JAKARTA - Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fachri Rajab mengatakan bahwa Indonesia memiliki 342 zona musim (ZOM) yang berbeda-beda. Saat ini, 30% wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan.

"Kami BMKG membuat zonasi namanya zona musim ya, di seluruh Indonesia ada 342 zona musim (ZOM), tiap zona berbeda-beda musimnya. Kapan zona musim hujannya, kapan puncaknya itu berbeda-beda. Saat ini sekitar sekitar 30% zona musim di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Dan sebagian masih musim kemarau," kata Fachri dalam diskusi Polemik Trijaya 'Kita Jaga Alam - Alam Jaga Kita' yang digelar secara virtual, Sabtu (14/11/2020).

Fachri pun menjelaskan zona mana saja yang sudah memasuki wilayah musim hujan. "Saat ini Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Seperti di sebagian besar Sumatera sudah memasuki musim hujan. Jawa bagian barat juga sudah musim hujan, Jawa Tengah dan Jawa Timur peralihan dari musim kemarau ke hujan. Kalimantan, sebagian Kalimantan bagian barat sudah musim hujan. Kalimantan Timur peralihan dari kemarau ke hujan. Kalimantan sebagian Barat sudah peralihan."

(Baca juga: 7 Fashion Item Buat Hijabers Biar Tetap Kece saat Musim Hujan).



Sementara, Sulawesi ada yang sudah musim hujan, ada yang peralihan, tapi ada juga yang belum masuk. "Sulawesi bagian timur masih musim kemarau. Kemudian Maluku di Pulau Seram sebagian masih musim kemarau karena puncak musim hujan biasanya di bulan Juni. Kemudian Papua sudah musim hujan," jelas Fachri.

Fachri pun mengatakan perlu dipahami bahwa pola musim di Indonesia berbeda-beda, tidak sama. "Mungkin kalau dulu waktu sekolah kita biasanya kalau sudah 'ber' 'ber' itu bulan musim hujan, bulan Oktober, November, Desember, tapi memang tidak semua sama," katanya.(Baca juga: Musim Hujan Disertai Angin Kencang, Warga Depok Diminta Waspada Pohon Tumbang).
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top