Pengamat: Waktu Pemakaian Media Sosial Harus Dibatasi

Jum'at, 13 November 2020 - 20:00 WIB
loading...
Pengamat: Waktu Pemakaian Media Sosial Harus Dibatasi
Masyarakat harus lebih bijak menggunakan media sosial dengan cara membatasi durasinya. (Dok SINDO)
A A A
JAKARTA - JAKARTA - Penggunaan media sosial (medsos) harus dibatasi. Hal itu agar pengguna tidak memiliki ketergantungan kepada medsos yang pada akhirnya akan mengganggu aktivitas utamanya.

Pentingnya melakukan pembatasan waktu akses medsos karena setiap orang ‎memiliki batasan maksimal. Tentunya periode ini berbeda antara satu orang dan lainnya, entah itu pagi hari saat istirahat siang, atau menjelang waktu tidur.

Cara lebih efektif lainnya bisa dilakukan dengan memiliki aktivitas lain yang seolah membuat diri kita lupa dengan keberadaan medsos. Misalnya seperti aktivitas luar ruangan, entah itu olahraga atau hobi lainnya yang mulai bisa kita lakukan secara rutin.

"Hobi bisa bikin orang jadi ‎addict, misalnya olahraga, atau kegiatan di luar ruangan. Harus perlahan di tahapan ini, awalnya harus dari niat dulu kemudian diatur durasinya," ungkap pengamat budaya dan komunikasi digital, Firman Kurniawan.

Bagi orang yang sudah ketagihan medsos, menghentikan aktivitas mereka secara tiba-tiba bisa menjadi tindakan ekstrem. Oleh karena itu, Firman menegaskan bahwa untuk benar-benar ingin lepas dari medsos, mereka harus paham periode penggunaan medsos yang sesuai diri masing-masing.

Dukungan keluarga untuk mengurangi kecanduan media sosial juga dapat mendorong niat mereka. "Orang yang mau berhenti bermain media sosial, effort-nya harus tinggi dan membutuhkan niat dulu. Dukungan keluarga juga penting jika memang ingin benar-benar berhenti," jelasnya.

Apabila ingin rehat sementara, Firman menyarankan untuk menghapus aplikasi media sosial yang ada di ponsel. Dengan demikian, kita menjadi terbiasa untuk tidak ketergantungan dengan media sosial.

Jika memang benar-benar ingin membuka media sosial, supaya bisa memilih medsos mana yang lebih utama untuk dibuka. Urutan media sosial yang dibuka mulai dari yang paling ringan hingga yang paling berat. Untuk menentukan urutan ini, pengguna harus bisa membedakan media sosial mana saja yang bisa mendatangkan kesenangan dan medsos mana saja yang hanya membuat hati keruh.

"Misalnya kita buka Twitter dulu, kemudian Instagram. Lalu Facebook. Atau media sosial lainnya seperti TikTok, pemakaiannya juga harus ikut dibatasi," tegasnya.

Firman menambahkan, media sosial juga memberikan banyak manfaat positif, salah satunya penyampaian berita yang lebih cepat, respons publik dapat segera dilihat, pesan dapat bertahan berulang-ulang, dan ajang publikasi serta promosi berbiaya murah.
(wan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)