Jokowi Terbitkan Perpres Baru, Struktur Komite Penanganan COVID-19 dan PEN Bertambah

Jum'at, 13 November 2020 - 15:53 WIB
loading...
Jokowi Terbitkan Perpres Baru, Struktur Komite Penanganan COVID-19 dan PEN Bertambah
Presiden Jokowi meneken Perpres No 108/2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Perpres 82/2020 tentang Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken Peraturan Presiden ( Perpres ) No 108/2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Perpres 82/2020 tentang Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) . Perpres yang ditandatangani pada 10 November lalu secara umum mengubah struktur komite.

Jika pada Perpres sebelumnya Komite hanya terdiri atas Komite Kebijakan, Satgas Penanganan COVID-19 dan Satgas PEN, maka di aturan baru ini ada perubahan. Di perpres terbaru ini Komite terdiri atas:

1. Ketua yang dijabat Menko Perekonomian ( )

2. Wakil Ketua
a. Wakil Ketua I Menko Kemaritiman dan Investasi
b. Wakil Ketua II Menkopolhukam
c. Wakil Ketua III Menko PMK
d. Wakil Wakil Ketua IV Menteri BUMN
e. Wakil Ketua V Menteri Keuangan
f. Wakil Ketua VI Menteri Kesehatan
g. Wakil Ketua VII Mendagri

3. Tim Pelaksana dijabat Menteri BUMN

4. Satgas Penanganan Covid-19 ( )

5. Satgas PEN

6. Sekretariat

Perubahan lainnya adalah pada Tim Pelaksana. Di mana tim yang diketuai Menteri BUMN ini memiliki dua wakil yaitu Wakil Ketua Tim Pelaksana I yang dijabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) dan Wakil Ketua Tim Pelaksana II yang dijabat Wakil Kapolri (Wakapolri).

Selanjutnya jika pada perpres Satgas Penanganan COVID-19 hanya disebutkan diketuai oleh Kepala BNPP, maka beleid baru ini memiliki tiga wakil satgas yaitu Wakil Satgas I dijabat Kepala Badan POM, Wakil Satgas II dijabat Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, dan Wakil Satgas III dijabat Dirjen Administrasi Kewilayahan Kemendagri.

Kemudian penambahan struktur juga terjadi pada Satgas PEN. Jika sebelumnya Satgas PEN hanya disebutkan diketuai oleh Wamen BUMN I, sekarang memiliki dua wakil. Di antaranya Wakil Satgas PEN I dijabat oleh Wamenkeu dan Wakil Satgas PEN II dijabat oleh Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin).



Lalu untuk struktur Sekretariat Komite mempunyai beberapa tugas yakni:

1. Memberikan dukungan program dalam pelaksanaan tugas Komite, Tim Pelaksana, Satuan Tugas Penanganan COVID-19, dan Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional.
2. Memberikan dukungan administrasi dalam pelaksanaan tugas Komite, Tim Pelaksana, Satuan Tugas Penanganan COVID- 19, dan Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional.
3. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Ketua Komite.

Dalam perpres ini disebutkan perubahan dilakukan karena untuk mengoptimalkan peran Komite Penanganan COVID-19 dan PEN.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)