Ucapkan Selamat Dies Natalis Ke-60, Presiden Jokowi Puji Sumbangsih ITS

Selasa, 10 November 2020 - 12:38 WIB
loading...
Ucapkan Selamat Dies Natalis Ke-60, Presiden Jokowi Puji Sumbangsih ITS
Presiden Jokowi berharap akan semakin banyak inovasi teknologi yang diberikan ITS demi kemajuan negeri. Foto/tangkapan layar youtube ITS
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji sumbangsih Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kepada bangsa dan negara. Sumbangsih tersebut telah banyak membantu masyarakat dan pemerintah di berbagai bidang, seperti transportasi, infrastruktur, hingga kesehatan.

”Saya ucapkan selamat Dies Natalis yang ke-60. Dan Selamat berjuang untuk terus menyumbangkan teknologi yang berguna besar bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa,” ujar Presiden Jokowi dalam pidato kegiatan Lustrum XII ITS yang dismpaikan melalui video, Selasa (10/11/2020).

(Baca: Risma Berbagi Pengalaman Menghadapi Pandemi dalam Webinar IKA ITS)

Jokowi mengingatkan bahwa 60 tahun silam Presiden Soekarno menandatangani berdirinya ITS dengan harapan menjadi garda terdepan dalam pengembangan sains dan teknologi di Indonesia. ”Saya yakin telah banyak talenta hebat dan inovsi teknologi yang disumbangkan ITS untuk negeri kita tercinta,” ujarnya.

Dia lalu menyebutkn sebagian di antaranya yaitu Gesits, sepeda motor listrik nasional yang telah diperkenalkan untuk publik pada 2019 dan siap diproduksi massal. Selain itu ITS juga telah membuat desain kapal feri untuk menyeberangan yang telah dimanfaatkan ASDP serta desain interior dan gerbong kereta LRT di Palembang dan Jakarta.

”Termasuk Robot Raisa , robot asisten untuk rumah sakit yang sangat dibutuhkan di masa pandemi saat ini,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

(Baca: Tercepat dalam Lintasan, Tim ITS Juarai Kontes Kapal Cepat Tak Berawak)

Jokowi meyakini pasti masih banyak lagi hasil inovasi teknologi ITS dan para alumni yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Ke depan, dia berharap ada lebih banyak lagi inovasi teknologi yang bisa diberikan ITS.

”Sekali lagi selamat ulang tahun, selamat berkreasi mengembangkan teknologi untuk kemajuan negeri,” kata Jokowi.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)