Perbedaan Vaksin, Vaksinasi dan Imunisasi, Ini Penjelasan UNICEF

Kamis, 05 November 2020 - 13:08 WIB
loading...
Perbedaan Vaksin, Vaksinasi dan Imunisasi, Ini Penjelasan UNICEF
Beberapa waktu terakhir, masyarakat sering mendengar mengenai istilah vaksin, vaksinasi, dan imunisasi. Bahkan, kadangkala sering digunakan dalam waktu yang bersamaan. Lalu sebenarnya apa yang membedakan ketiganya? FOTO/ILUSTRASI/RUSSIA TODAY
A A A
JAKARTA - Beberapa waktu terakhir, masyarakat sering mendengar mengenai istilah vaksin , vaksinasi , dan imunisasi . Bahkan, kadangkala sering digunakan dalam waktu yang bersamaan. Lalu sebenarnya apa yang membedakan ketiganya?

United Nations Children's Fund ( UNICEF ) Communications Development Specialist, Rizky Ika Syafitri menjelaskan mengenai vaksin, vaksinasi, dan imunisasi. "Mungkin ada kebingungan nih karena ada vaksin, ada vaksinasi, ada imunisasi. Apa sih bedanya?” katanya dalam diskusi secara virtual, Kamis (5/11/2020).

Vaksin adalah sediaan yang mengandung zat biologi sebagai antigen spesifik dari virus atau bakteri. "Yang pasti kalau vaksin ini adalah zat biologis sebagai antigen spesifik dari virus atau bakteri. Jadi vaksin itu spesifik vaksin BCG hanya untuk tuberkulosis gitu. Jadi enggak bisa digunakan untuk mencegah penyakit lainnya," kata Rizki. ( )

Kemudian vaksinasi adalah tindakan memberikan atau memasukkan vaksin ke dalam tubuh manusia untuk merangsang sistem imun. "Yang pasti vaksinasi itu tindakan memberikan apa namanya vaksinnya ke dalam tubuh," tutur Rizky.

Sedangkan imunisasi adalah respons imun yang terjadi setelah pemberian vaksin, sehingga dihasilkan antibodi terhadap antigen tersebut dan timbul imunitas untuk mencegah infeksi di masa datang. "Kalau imunisasi itu ada respons imun yang terjadi setelah pemberian vaksin," ungkap Rizky.

Namun, Rizky meminta masyarakat tidak perlu khawatir tentang perbedaan ini. "Jadi nggak perlu terlalu khawatir dengan perbedaan ini, agak sama, mirip tapi kurang lebih maksudnya seperti itu," katanya. ( )

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)