Kemenag Sebut Saudi Akan Putuskan Nasib Pelaksanaan Haji 2020 Akhir April

Rabu, 15 April 2020 - 22:33 WIB
loading...
Kemenag Sebut Saudi Akan Putuskan Nasib Pelaksanaan Haji 2020 Akhir April
Nasib ibadah haji 2020 akan diputuskan Arab Saudi pada akhir bulan April ini. Hal tersebut merupakan informasi terbaru yang diterima Kemenag dari Arab Saudi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nasib ibadah haji tahun 2020 akan diputuskan oleh Arab Saudi pada akhir bulan April ini. Hal tersebut merupakan informasi terbaru yang diterima Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia dari Arab Saudi.

"Untuk haji, kementerian haji (Arab Saudi-red) akan melakukan kajian dan Insya Allah minggu ke-4 April sudah ada keputusan, kita tunggu," ujar Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kemenag Nizar Ali dalam rapat Komisi VIII DPR RI secara virtual, Rabu (15/5/2020).

(Baca juga: Kemenag Pastikan Tidak Ada Dana Jamaah Haji untuk Penanganan Corona)

Dia mengatakan, saat ini sudah pertengahan bulan April. "Insya Allah akhir minggu ke-4 April akan mengumumkan jadi atau tidaknya haji. Ini informasi ter-update progress Arab Saudi. Ya mudah-mudahan ini bisa paling enggak ada keputusan pasti," ujar Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal Kemenag ini.

Dia pun mengusulkan ibadah haji tahun 2020 ditiadakan jika sampai akhir bulan Mei mendatang belum ada keputusan dari Arab Saudi. "Misalkan pemerintah Saudi belum memberi kejelasan, maka saya mohon teman-teman untuk memutuskan untuk tidak berangkat. Karena tadi, ketercukupan waktu kami untuk mempersiapkan ini sangat itu," ujarnya.

Dia mengungkapkan, hotel-hotel bintang lima di Mekkah, Arab Saudi digunakan untuk karantina warga Arab yang baru datang dari luar negeri. Informasi itu diterimanya pukul 14.00 WIB tadi. "Dengan kondisi hotel bintang 5 di sekitar Mekkah," katanya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2485 seconds (0.1#10.140)