ICW Sebut KPK Era Firli Bahuri Minim Penindakan, Surplus Buronan

Jum'at, 08 Mei 2020 - 11:35 WIB
loading...
ICW Sebut KPK Era Firli Bahuri Minim Penindakan, Surplus Buronan
ICW menilai kinerja KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri dkk sangat minim penindakan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana menilai kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibawah kepemimpinan Firli Bahuri dkk sangat minim penindakan. Perlahan tapi pasti, kata Kurnia, masyarakat semakin diperlihatkan bahwa KPK benar-benar menjadi lembaga yang tidak lagi disegani di bawah kepemimpinan Firli Bahuri. (Baca juga: Dikritik Soal Rendahnya Tuntutan Terhadap Kader PDIP, Begini Reaksi KPK)

"Bahkan tak salah jika publik banyak menilai KPK di era Firli Bahuri tidak lagi menjadi Komisi Pemberantasan Korupsi, akan tetapi berubah menjadi Komisi Pembebasan Koruptor," ujar Kurnia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/5/2020). (Baca juga: Eks Caleg PDIP Dituntut Ringan, Ini Pembelaan KPK)

Hal tersebut, kata Kurnia, terbukti dari maraknya tersangka yang melarikan diri dari jerat hukum. Terhitung sejak Firli dilantik sebagai Ketua KPK saja setidaknya ada 5 tersangka yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), yakni Harun Masiku, Nurhadi, Rezky Herbiyono, Hiendra Saputra, dan Samin Tan.

"ICW meragukan lima buronan ini akan dapat ditemukan oleh KPK. Sebab selama ini memang tidak terlihat adanya komitmen serius dari Pimpinan KPK terhadap sektor penindakan. Buktinya Harun Masiku yang sudah jelas-jelas berada di Indonesia saja tidak mampu diringkus oleh KPK," ungkapnya.

Akan tetapi ICW tidak lagi kaget melihat kondisi KPK hari ini. Sebab, sejak Firli Bahuri beserta empat Pimpinan KPK lainnya dilantik ICW sudah menurunkan ekspektasi kepada lembaga anti rasuah ini.

ICW yakin Firli dkk tidak akan berbuat banyak untuk menguatkan kelembagaan KPK. Hasilnya, sesuai dengan prediksi, KPK saat ini hanya dijadikan bulan-bulanan oleh para pelaku korupsi. "Akhirnya model penindakan senyap yang selama digaungkan oleh Ketua KPK terbukti. KPK benar-benar senyap, minim penindakan, surplus buronan," tuturnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)