Listrik dan Peradaban

Selasa, 27 Oktober 2020 - 06:11 WIB
loading...
A A A
Terus Menerangi
Setelah lebih dari satu abad kehadiran listrik di Tanah Air, kini yang terjadi adalah paralelisme historis. Meski bekerja dalam senyap, listrik tetap berperan signifikan dalam mengawal peradaban bangsa kita hari ini. Listrik sebagai salah satu kekuatan yang mengubah sejarah, tetap memiliki posisi sentral baik dari aspek teknis, ekonomi, dan kelembagaan.

Paralelisme itu bisa kita lihat hari ini, ketika perkembangan pengetahuan dan teknologi berjalan begitu cepat. Dengan dukungan listrik, rekayasa apa pun bisa dilakukan, termasuk artificial intelligence. Tentu yang paling kasatmata adalah soal fenomena aliran informasi, dari beragam sumber yang bergerak dengan cepat dan masif.

Peradaban identik dengan etika, nilai inilah yang bisa dijadikan pegangan, selain standard operating procedure yang diterapkan perusahaan. Dari pengalaman empirik, bisa saja PLN menghadapi problem teknis seperti yang pernah terjadi pada awal Agustus 2019, ketika listrik padam secara masif (Jawa dan Bali) dan dalam durasi relatif lama. Atau ada kalanya, ketika PLN mengadakan giliran pemadaman listrik.

Pada fase ini, etika dan profesionalisme jajaran direksi, komisaris, dan karyawan PLN, perlu terus ditingkatkan untuk mencegah hal serupa terjadi. Masyarakat akan tetap percaya pada dedikasi segenap personel PLN, utamanya mereka yang ada di lapangan yang menyusuri jurang terjal dan daerah yang sulit dijangkau—sebagai para “juru kunci peradaban”. Berkat mereka negeri kita terus terang benderang dan terang pula peradabannya.

Selamat Hari Listrik Nasional.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)