Santri dan Pesantren Berperan Besar dalam Pembangunan Kesehatan Nasional

loading...
Santri dan Pesantren Berperan Besar dalam Pembangunan Kesehatan Nasional
Santri Pondok Pesantren Sidogiri Kabupaten Pasuruan Jawa Timur tiba di Terminal Bus Purabaya, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (02/4/2020). Foto/SINDO/Ali Masduki
A+ A-
JAKARTA - Kabid Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia Masdalina Pane mengungkapkan bahwa santriberperan dalam memajukan pembangunan kesehatan nasional.

"Saya mengucapkan selamat kepada pesantren dan para santrinya selamat ulang tahun untuk Hari Santri hari ini. Pesantren sendiri sebenarnya, dan santrinya tentu memiliki potensi yang besar untuk pembangunan kesehatan," kata Masdalina dalam diskusi 'Santri Sehat Indonesia Kuat' dari Media Center Satgas Covid-19, Graha BNPB Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Kata Masdalina, sejak dulu para ulama, alim ulama, dan juga para santri berperan untuk memajukan sistem kesehatan. "Sebenarnya dari dulu juga kita selalu bekerja sama dengan ulama, alim ulama, para santri untuk memajukan sistem kesehatan kita," katanya.

(Baca juga: Hari Santri, Pemerintah Harus Berpihak dan Hadir bukan Sekadar Selebrasi).



Masdalina juga mengatakan bahwa ada banyak sekali program yang tidak terlepas dari peran ulama dan pesantrennya. "Ada banyak hal dan nasihat dan banyak sekali fatwa baik dari Majelis Ulama, maupun dari ulama. Antara lain kalau dulu kita lihat historinya ya program KB, vaksin halal. Itu kita tidak pernah terlepas dari para ulama dan pesantren. Jadi peran santri dan pesantren itu sangat besar di dalam pembangunan kesehatan kita," tegasnya. (Baca juga: Santri Sebagai Agen Perubahan, Mereka Itu Istimewa!).
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top