Maruarar: Arahan Jokowi soal Corona Jelas, Jalankan dan Buang Ego Sektoral

Kamis, 07 Mei 2020 - 14:01 WIB
loading...
Maruarar: Arahan Jokowi soal Corona Jelas, Jalankan dan Buang Ego Sektoral
Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua jajaran di pemerintahan untuk menangani pandemi virus Corona atau Covid-19.

Jokowi menargetkan kurva kasus Covid-19 di Indonesia menurun pada Mei hingga menjadi posisi ringan pada Juli 2020.

Menurut Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait, arahan Jokowi sebagai pemimpin tertinggi sudah sangat tegas dan jelas.

"Ketegasan dan kejelasan ini sangat diperlukan, terutama di tengah kondisi yang tidak normal. Ini juga menunjukkan Jokowi punya prinsip-prinsip dan idealisme yang jelas dalam rangka menyelamatkan rakyat, terutama saat ini soal kesehatan, pangan dan keamanan," tutur pria yang biasa disapa Ara ini, Kamis (7/5/2020).

Saat ini, sambung Ara, Badan Anggaran (Banggar) DPR sudah secara aklamasi menyetujui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi COVID-19 dan/atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional Dan/Atau Stabilitas Sistem Keuangan yang dikenal sebagai Perppu Corona.

"Perppu sudah digolkan di Banggar, tinggal dibawa ke paripurna untuk disetujui. Anggaran untuk menangani Covid-19 sudah jelas, struktur juga sudah jelas dengan satuan gugus tugas. Sekarang adalah bagaimana semua tim bisa menjalankan arahan Presiden yang sudah sangat jelas dengan target waktu yang juga sudah jelas itu," tuturnya. ( )

Dalam menangani Covid-19 ini, lanjut dia, harus tepat, cepat, berskala besar, menyeluruh dan saling berhubungan. Misalnya antara kesehatan seperti obat-obatan dan alat perlindungan diri, juga ketersedian makanan yang harus benar-benar dipastikan. Pun demikian dengan keamanan sehingga provokator dan pelaku kriminal harus benar-benar ditindak.

"Hindarkan dan hilangkan ada ego sektoral," jelas orang dekat Jokowi ini.

Menurut Ara, selain jajaran pemerintah hingga ke level bawah, keterlibatan TNi-Polri di lapangan pun sangat penting. Ara pun mengapresiasi penegasan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang akan menindak penyelewengan anggaran dan bantuan untuk Covid-19 dengan hukuman pidana maksimal.

Ara juga berbangga dengan partisipasi masyarakat selama ini, baik yang berada di level atas, menengah dan bawah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)